Trik mudah mengawali pembelajaran menggambar pada anak usia dini

Mengajari anak usia dini menggambar tidaklah semudah yang kita sangka, karena mereka mempunyai dunia sendiri yang kadang tidak kita mengerti kecuali kita memahami ilmu psikologi anak. Berikut ini secara ringkas kami bagikan secara gratis trik jitu mengajari menggambar pada anak usia dini, antara lain:
1.Ajarkan pola gambar yang sederhana dan warna yang menarik -Berikan pola gambar yang mudah dan sederhana, hindari pola gambar yang sulit, yaitu terlalu banyak bentuk coretan atau garis dan terlalu banyak warna. Pilihlah corak warna yang cerah. Dengan memilih pola gambar yang sederhana anak akan mudah mengikuti, juga dengan warna yang cerah akan menarik minat anak untuk menggambar. 
2.Dengan penjelasan yang mudah dimengerti untuk setiap gambar -Kita harus pandai-pandai menjelaskan pada setiap gambar yang kita berikan pada anak dengan penjelasan yang mudah difahami  oleh anak. Misalnya daun berwarna hijau karena yang kita lihat daun-daun di sekeliling kita berwarna hijau, akan lebih bagus jika kita menunjukkan daun hijau di halaman atau kebun kita. Langit berwana biru dan lain-lain gambar dan warna yang mudah difahami oleh anak.
3.Ikutlah beraktifitas menggambar bersama anak Anda -Jadi Anda dan si kecill sama-sama memegang pensil dan kertas. Mulailah dengan coretan sederhana, bisa berupa garis urus. Ingat, jangan pernah mencela anak  jika coretannya tidak rapi, bengkok-bengkok dan sebagainya yang tidak sesuai dengan harapan kita. Biarkan saja terlebih dahulu anak menyukai aktifitas menggambar, apapun bentuk hasilnya berikan pujian pada si kecil agar mood anak terjaga.
4.Nikmati proses menggambar secara bertahap -Mulailah membuat bentuk gambar yang paling sederhana, misal dengan membuat garis lurus satu saja, kemudian satu garis lengkung satu saja. Ingat, pujilah si kecil meskipun garis yang dibuatnya tidak lurus, Kemudaian buatlah beberapa garis lurus berjajar, bisa lima garis dulu secara berjajar. Jika anak sudah dianggap menguasai, lanjutkan dengan membuat garis melengkung berjajar menyamping juga menumpuk ke atas atau ke bawah, Ingat, jangan pernah mencela hasil kerja anak, berilah selalu pujian agar si kecil bersemangat. Mulailah membuat suatu bentuk bangun  sederhana misalnya kotak, sambil memberi penjelasan dengan kata-kata lembut tentang bentuk gambar yang dibuatnya agar imajinasi anak terbimbing dengan mudah. Jika sudah rampung suatu bentuk sederhana lanjutkan dengan mewarnainya, mulailah dengan satu warna saja sambil kita bercerita, misal “ini kotak adik, kotak adik berwarna merah”. Jika Anda pandai-pandai mendampingi si kecil dalam arti terlibat langsung secara aktif, maka si kecil akan menikmati proses dengan enjoy, hubungan Anda dengan anak akan semakin mesra. Tentu kegiatan ini menuntut Anda untuk pandai berimajinasi baik bentuk gambar yang akan Anda buat juga cerita atau  penjelasan menarik tentang gambar tersebut. Setelah kegiatan menggambar selesai walaupun hasilnya tidak sesuai dengan keinginan Anda, berikan pujian agar semangat tetap terjaga, jika perlu berilah hadiah sekedarnya, misal permen atau lainnya. Ingat, jangan pernah mencela anak.
Demikian secara garis besar trik  mengawali memberikan pembelajaran menggambar atau mewarnai pada anak usia dini. Trik ini tidaklah baku, Anda bisa mengembangkan sendiri sesuai dengan imajinasi Anda. Semoga sedikit pembahasan ini bisa menambah pengetahuan kita.

Pos terkait