Teknik sederhana mengajari menggambar pada anak usia dini

Teknik sederhana mengajari anak menggambar -Sebagai orang tua atau pendidik, menurut saya wajib mengetahui ilmu tentang tehnik dasar mengajari anak menggambar. Kita harus komunikatif, bersikap flleksibel atau luwes pada anak, hindari sifat memaksa pada anak untuk menuruti kemauan kita. Menggambar adalah aktifitas yang bertujuan menuangkan gagasan pada obyek untuk menciptakan keindahan, karena itu, kita harus bersikap indah pada anak, ceritakan bahwa aktifitas menggambar itu sangat mudah. Sanjungan dengan kata-kata manis akan menjaga semangat anak, apapun hasilnya hindari celaan karena akan melemahkan semangat anak bahkan akan membentuk karakter yang pesimis pada anak sehingga akan sangat berpengaruh jelek pada tumbuh kembang anak selanjutnya.  
Jangan memaksa kemampuan anak untuk segera bisa, tidak usah menargetkan anak untuk segera bisa menguasai teknik menggambar dengan benar. Mulailah dengan membuat bentuk coretan sederhana yang sesuai dengan kemampuan si kecil. Teknik sederhananya bisa diuraikan sebagai berikut :
1. Menggambar Garis Lurus baik Vertikal maupun Horizontal. -Kita bisa memulai aktifitas menggambar garis vertikal berjajar sesuai dengan kemampuan anak, jika anak sangat bersemangat, mungkin dia akan menggambar garis vertikal cukup banyak. Sertailah dengan cerita atau  penjelasan tentang gambar yang dibuatnya, misalnya ketika membuat gambar garis vertikal berjajar bisa dengan kalimat “Adik sedang membuat pagar halaman, pagar adik berjajar-jajar panjang”, dan cerita lain yang menarik hati si kecil. Demikian juga ketika kita mengajari membuat garis horisontal, silakan bekreasi sendiri, tentu hal ini sangat menyenangkan baik bagi anak maupun bagi orang tua.
2. Memadukan garis vertikal dan horisontal menjadi bentuk bangun. Dengan dasar menggambar garis vertikal dan menggambar garis horisontal, anak kita ajarkan membuat bangun segi empat atau bangun segitiga dengan berbagai  macam bentuk. Sertakanlah penjelasan atau cerita tentang gambar yang sedang kita buat bersama anak, misal sewaktu anak membuat kotak, kita bisa bercerita tentang kotak tempat pensil. Ketika anak kita ajarkan membuat gambar bangun segitiga, kita bercerita tentang makanan wajik, dan sebagainya tergantung imajinasi Anda.
3. Membuat gambar garis miring. Kita mengajarkan pada anak untuk menggambar bentuk garis miring, baik dari kiri ke kanan, dari kanan ke kiri, dari atas ke bawah serta dari bawah ke atas. Untuk awal proses mungkin hal ini cukup susah, oleh karena itu si kecil dibolehkan memakai alat bantu atau penggaris sampai anak dianggap mampu membuat garis miring secara langsung. Tidak usah tergesa-gesa, nikmati proses dengan nyaman bersama anak Anda.
4. Memadukan gambar bentuk garis miring. -Kita ajarkan pada anak untuk memadukan gambar bentuk garis miring menjadi bentuk yang mudah difahami oleh anak. Misal bentuk garis bersilang berulang-ulang atau berderet bisa kita asoasikan dengan bentuk pagar tanaman belakang rumah yang bentuknya juga seperti itu, dan asosiasi lainnya yang mudah difahami oleh anak.
5. Membuat gambar garis melengkung. Menggambar garis lengkung akan meningkatkan daya kontrol anak pada gerakan jari dan imajinasi yang tertata pada anak. Hal ini akan melatih daya konsentrasi si kecil juga kedisiplinan bekerja mencapai target bentuk yang diinginkan. Ingat, kita tidak usah menarget pada anak untuk segera bisa, biarkan saja anak menikkmati proses dengan nyaman tanpa tekanan. Bisa kita mulai dengan menggambar garis melengkung ke atas atau garis melengkung ke bawah berulang-ulang.
6. Menggambar bentuk lingkaran. Jika menggambar garis melengkung, baik melengkung ke atas atau ke bawah sudah cukup dikuasai, maka kita tingkatkan dengan menggambar bentuk lingkaran, yaitu dengan memadukan gambar melengkung ke atas dan gambar melengkung ke bawah. Tentu bentuk lingkaran yang dihasilkan si anak cukup lucu, mencong sana sini, ingat -jangan pernah mencela hasil jerih payah si kecil, tapi berilah sanjungan dengan kata-kata yang menyenangkan. Selalu komunikatif dengan anak, jangan sekedar menjadi pengawas apalagi  pencela jerih  payah anak, hal ini hanya akan membuat suasana yang menyeramkan bagi anak dan akan mematikan daya kreasi si kecil.
Demikianlah sekelumit ilmu tentang teknik dasar mengajari menggambar untuk anak usia dini. Kemampuan anak akan berkembang dengan membanggakan jika kita bersabar menikmati proses aktifitas ini bersama anak kita dalam suasana yang menyenangkan. Selalulah bersikap komunikatif, berilah sanjungan dan pujian pada gambar  hasil karya anak apapun bentuknya agar suasana selalu menyenangkan bagi anak. Saatnya nanti dengan berjalannya waktu, anak kita akan siap diberi pembelajaran menggambar tahap selanjutnya yang lebih sullit. Semoga artikel ini menambah pengetahuan dan wawasan kita sehingga bisa bersikap bijaksana dalam mendidik anak dalan cakupan yang lebih luas lagi.

Pos terkait