Teknik Menggambar pantai suasana mendung

Suasana mendung menghitam di pantai dengan hujan di kejauhan disertai angin bertiup kencang sungguh pemandangan yang menggetarkan hati, menggugah rasa kesadaran akan betapa Maha Perkasanya pencipta alam ini.
Perahu-perahu layar para nelayan bertebaran di pantai menampakkan keteguhan jiwa dan tekad kuat para pencari nafkah demi tanggungjawabnya pada keluarga tercinta.
Bentuk hujan di kejauhan menggunakan tehnik sapuan vertical dengan pastel kering warna biru, putih dan sedikit hitam. Semakin ke bawah persentase warna putih semakin dominan untuk menampakkan kesan turunnya hujan.
Teknik Menggambar pantai suasana mendung, angin bertip kencang, nampak hujan di kejauhan
Air pantai nampak biru kehitaman atau abu-abu mirip  warna mendung yang sedang menurunkan hujan di kejauhan, dengan tehnik sapuan horisontal pastel kering warna biru, putih dan sedikit hitam. Semakin mendekati arah kita campuran warna putih ditambah untuk memberi kesan dekat. Juga diberi sapuan warna  kuning sedikit pada pantai yang dekat dengan kita unrtuk menampakkan kesan dekat dan terang.
Pohon kelapa meliuk menandakan diterpa angin kencang dengan goresan pensil warna hitam. Di bawah pohon kelapa nampak tetumbuhan dengan goresan pensil hitam. Daratan tempat tumbuh pohon kelapa dan tetumbuhan dengan sapuan horisontal pastel warna hitam sedikit saja.
Nampak perahu bertebaran di pantai dengan goresan pensil warna hitam dan sapuan ringan pastel warna coklat sedikit saja. Perahu-perahu kecil di kejauhan dengan goresan pensil warna hitam saja.
Menggambar pantai suasana  mendung

Sobat cengkir yang berbahagia, kalo yang di bawah ini adalah gambar pantai suasana mendung juga tentunya. Cuma dengan suasana yang tidak begitu ekstrim seperti gambar pantai yang di atas. Masih ada cahaya cerah terpancar, nampak dedaunan pohon kelapa tidak meliuk-liuk seperti gambar yang di atas, menandakan angin tidak bertiup begitu kencangnya. Bentuk pohon kelapa yang nampak meliuk hanya sebagai ekspresi seni saja, tidak menandakan tertiup angin kencang, karena bentuk daun-daunnya tidak nampak melambai-lambai kan? 
Teknik Menggambar pantai suasana mendung tanpa tiupan angin kencang
Tehnik menggambar pantai ini sama dengan menggambar pantai di atasnya, cuma campuran pastel warna hitam dikurangi terutama pada air lautnya agar tidak terkesan begitu gelap. Mendekati arah kita menggunakan sapuan pastel warna biru dan  kuning untuk memberi kesan agak cerah, juga dengan sapuan ringan pastel warna hitam sedikiiiit saja agar masih nampak suasana mendungnya.
Goresan zigzag dengan pastel warna putih   pada air laut untuk memberi kesan riak gelombang. Semakin jauh dari kita zigzagnya dipersempit.

Pos terkait