Sumber ide melukis

Sumber ide melukis bisa muncul dari manapun dan kapanpun. Bersumber dari diri seniman sendiri maupun dari luar, seperti lingkungan sekitarnya.

1. Ide dari alam
Raden Saleh dikenal sebagai perintis seni rupa moderen. Ide lukisannya sering terinspirasi dari alam sekitar. Contohnya adalah lukisan satwa di hutan belantara. Demikian juga pada masa setelahnya, karya lukis dari seniman terkemuka yang terinspirasi dari keindahan alam semesta semakin berkembang. Lukisan pemandangan alam nan  menawan dengan gunung yang menjulang tinggi, sawah menghampar dengan tanaman padi ranum menguning, lautan biru nan luas, alam pedesaan yang tentram damai dan keindahan alam mempesona lainnya, menjadi ide pokok seniman lukis yang bercorak Naturalisme. 
Kelompok seniman lukis pada awal abad ke-20 ini terkenal dengan sebutan Mooi Indie (INdonesia Jelita). Para seniman yang terkenal antara lain : Mas Pirngadi, Abdullah Suryosubroto, Wakidi, Ernest Dezentje, C.L. Dake Jr, dan W.G. Hofker. 
2. Ide dari diri seniman sendiri
Akumulasi pengalaman seniman lukis akan bisa menginspirasi terwujudnya karya seni yang mempunyai karaker khsusus. Sebagai contoh Lucia Hartini, pelukis surealistis ini sering mengangkat pengalaman perjuangan hidup pribadinya sebagai ibu juga sebagai seorang perempuan yang harus memperjuangkan dirinya dan anak-anaknya. Ide berupa perasaan empati dapat ditemukan pada karya lukis Affandi dan Sudjana Kerton yang sering mengangkat tema lukis kehidupan kaum miskin papa pada karya lukisnya.

Pos terkait