Pengantar

Pot Bonsai Antik dari Jepang

Pot Bonsai Antik dari Jepang – Pohon dan pot jika di gabungkan akan menjadi Bonsai yang membentuk keharmonisan diantara keduanya. Sebagian besar seni Bonsai adalah pengalaman pohon yang telah terlepas dari tanahnya dan sekarang hidup di dalam pot.

Bonsai secara harfiah berarti “ditanam dalam wadah”, yang dengan jelas menunjukkan pentingnya dan tak terpisahkannya tembikar dan Bonsai.

Mirip dengan lukisan, pot ‘membingkai’ pohon; itu harus melengkapi dan meningkatkan penampilannya dan menciptakan rasa harmoni, tetapi tidak pernah mengurangi perhatian dari pohon itu sendiri.

Tampaknya aspek tembikar untuk Bonsai telah diremehkan oleh sebagian besar penggemar Bonsai di dunia Barat, mungkin karena harga pot Bonsai berkualitas tinggi yang tinggi. Juga, menemukan pot Bonsai yang benar-benar cocok dengan pohon tertentu sangat sulit.

Sejarah pot Bonsai

bonsai pinus diatas pot

Kerajinan membuat tembikar yang ditujukan untuk pohon Bonsai berasal dari Cina, kemungkinan berasal dari Dinasti Song (abad ke-11). Teknik pot menyebar ke Jepang berabad-abad kemudian, tetapi bahkan sampai hari ini, pohon Bonsai yang paling terkenal dan mahal disimpan dalam wadah antik Cina. Klik di sini untuk pengenalan umum pemilihan Pot.

Bahan yang digunakan untuk pot Bonsai

Tanah liat yang digunakan untuk membuat pot bisa berupa terakota, periuk atau porselen. Pot terakota dibakar hingga suhu sekitar 1000 derajat Celcius yang menghasilkan pot yang tetap berpori dan menyerap air.

Stoneware (juga disebut bisque) dipanaskan pada suhu sekitar 1200 derajat Celcius, membuatnya lebih keras daripada terakota dan tidak dapat menyerap air (masih bernafas tetapi tahan beku). Akhirnya, porselen dapat dipanaskan hingga 1400 derajat Celcius yang menghasilkan pot yang sangat keras tetapi rapuh (namun sangat jarang digunakan untuk Bonsai).

Glasir pot

Selama proses pembakaran periuk atau pot porselen, kaca dapat dibuat dengan menambahkan pecahan logam atau kayu. Besi misalnya menciptakan warna coklat tua, sedangkan tembaga menciptakan warna hijau.

Informasi berguna

Pembuat bonsai di Eropa dan pembuat bonsai di Amerika.

Maple dalam pot

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button