Perlukah Mahasiswa berbisnis? Ini lho keuntungannya!

Perlukah Mahasiswa berbisnis? Mahasiswa merupakan sebuah status yang mendekatkan kamu pada kedewasaan. Banyak ilmu yang didapat dalam perkuliahan tersebut. Dengan semua yang kamu dapatkan itu maka kamu pun akan menjadi orang yang terasah dalam banyak hal, salah satunya pikiran masa depan.

Memiliki pikiran ke depan bisa dengan memikirkan bagaimana caranya untuk bisa menjalankan bisnis selagi kuliah. Apa bisa dilakukan? Apa tidak akan mengganggu perkuliahan? Perlukah mahasiswa menjalankan bisnis?

Bacaan Lainnya

Semua pertanyaan yang kamu tanyakan itu tentunya bisa dijawab dengan alasan-alasan kenapa mahasiswa harus bisa menjalankan bisnis. Meski belum memiliki pengalaman yang cukup, namun semua itu akan menggiring kamu pada kematangan di era dewasa kelak.

Jika ingin tahu alasa kenapa mahasiswa harus bisa menjalani bisnis, bacalah artikel berikut ini.

Perlukah Mahasiswa berbisnis

Memiliki mental yang mandiri

Status mahasiswa mendekatkan kamu pada kedewasaan. Sikap dan pola pikir yang dewasa diidentikan dengan memiliki sikap yang mandiri. Dan mandiri itu bisa diperoleh dengan mulai menjalankan bisis sejak dini. Bisnis tidak hanya berpatokan pada keuntungan uang yang didapat, namun lebih dari itu.

Di dalamnya kamu pun bisa mendapatkan manfaat dalam hal pembagian waktu, disiplin dalam banyak hal, dan tentunya belajar untuk bisa bertanggung jawab.

Baca juga: 3 Ide Bisnis untuk Mahasiswa yang ringan dijalankan

Pengalaman yang sangat berharga

Ada pernyataan yang berisi, “pengalaman adalah guru yang luar biasa”. Pernyataan tersebut memang benar adanya. Namun untuk mendapatkan pengalaman tersebut harus dilalui dengan adanya sikap yang berani. Di sini kamu dituntut untuk berani menjalankan bisnis.

Berani untuk membuang rasa malu ketika melakukan penawaran, berani untuk berbicara lebih banyak ketika kamu tidak bisa banyak bicara, atau berani ketika risiko gagal ada di depan mata.

Memiliki skill yang berlebih

Kamu akan bangga dan dibanggakan jika kelak memiliki skill di atas rata-rata orang seusiamu. Dengan menjalani bisnis di usia dini, skill tersebut bisa kamu dapatkan. Ada banyak skill yang bisa kamu peroleh, seperti skill berbicara di depan umum, skill menghitung keuangan pribadi, skill bernegosiasi, dan lainnya.

Adapun skill-skill tersebut juag bisa kamu terapkan ketika kamu ingin melamar kerja setelah lulus. Perusahaan akan memandang lebih orang yang memiliki skill yang banyak.

Jaringan yang semakin luas

Bisnis adalah kunci untuk memperluas jaringan. Ya karena bisnis tidak menjangkau di lingkungan yang sempit, melainkan cakupan yang amat luas. Ketika bisnis awalmu dijalani hanya untuk lingkungan kampus, tentunya itupun menjadi nilai tambah. Karena jaringan kamu akan luas dan berhubungan dengan lebih banyak orang.

Hasilnya adalah keuntungan yang didapat ketika kamu lulus kelak. Kamu pun bisa mendapatkan banyak informasi yang bermanfaat dari jaringan bisnis tersebut, bisa jadi peluang bisnis lainnya atau peluang lowongan pekerjaan.

Baca juga: Adakah bisnis yang tidak menyita waktu?

Mendapatkan oang tambahan

Kuliah seperti kamu tahu memiliki dana yang tidak sedikit, bukan? Terlebih jika kamu berkuliah di kampus yang terkemuka. Dengan berbisnis maka kamu pun akan memiliki penghasilan tambahan yang bisa dipakai untuk sehari-hari.

Yang cukup penting adalah untuk membayar uang kuliah semesteran. Jadi kamu pun tidak lagi meminta dari orangtua dalam hal biaya kuliah tersebut.

Jadi apa kamu masih berpikir lama untuk mulai menjalankan bisnis di kampus?

Pos terkait