Pentingnya pelatihan menggambar untuk para guru

Pembaca yang berbahagia, pelajaran menggambar, di Indonesia agak diabaikan. Padahal pelajaran menggambar yang nampaknya tidak menggunakan logika tersebut ternyata cukup penting untuk merangsang tumbuhkembangnya daya kreativitas juga pembentukan karakter anak.

Kebanyakan dari kita menganggap bahwa anak yang cerdas adalah anak yang pandai dalam ilmu sains dan matematika. Sehingga jika anaknya belajar menggambar dianggap tidak belajar bahkan dimarahi karena dianggap membuang-buang waktu dengan sia-sia, kawatir jika anaknya jadi bodoh dan sebagainya.

Padahal, mengajari menggambar pada anak sebanding pentingnya dengan mengajari anak ilmu-ilmu sains. Karena aktivitas menggambar akan mempertajam kemampuan otak kiri anak sehingga akan bisa merangsang daya kreativitas anak dengan baik.

Memberikan pelajaran menggambar pada anak sedini mungkin hingga anak mencapai usia dewasa akan sangat bagus untuk tumbuh kembangnya kemampuan otak kiri dengan optimal.

Sayangnya meskipun penting, pembelajaran menggambar tidak atau belum diberikan sesuai dengan tingkat kebutuhan anak. Bahkan sangat disayangkan ada sekolah yang tidak mengadakan pelajaran menggambar.

Kami pandang perlu untuk diadakan pelatihan menggambar secara sistematis terutama untuk guru TK dan SD dengan harapan mereka akan mampu menuangkan ide kreativitasnya dengan optimal, tidak hanya sekedar bisa menggambar dua gunung, sawah dan jalan disaat mereka disuruh menggambar pemandangan alam.
Dengan pelatihan menggambar secara sistematis, guru diharapkan akan tereksplorasi jiwa kreativitasnya yang akan ditularkan pada para siswanya. Hal ini sangat bagus untuk menstimulan siswa kelak menjadi ahli desain dalam segala bidang.

Pos terkait