Pentingnya Pelatihan Menggambar untuk Guru PAUD, lanjutan

Sudah kita maklumi bahwa menggambar adalah suatu kegiatan yang sangat disukai oleh anak. Dengan kegiatan ini akan membuat suasana riang gembira juga akan menstimulan kreatifitas anak. Sangat disayangkan, kebanyakan guru PAUD atau TK tidak mempunyai ketrampilan menggambar. Jika anak didiknya merengek minta dibuatkan gambar yang disukainya baik itu gambar binatang, tumbuhan atau lainnya mereka akan kebingungan dan mencari-cari alasan karena tidak mampu melakukannya. Hal ini sangatlah memprihatinkan, mengingat diantara tugas utama guru PAUD adalah memberi pembelajaran menggambar dan mewarnai.
Oleh sebab itu, guna peningkatan jiwa kreatifitas guru dalam mengajar, Pusat Kerja Gugus {PKG} PAUD perlu mengadakan pelatihan menggambar bagi guru, karena PKG merupakan wadah yang tepat bagi para guru untuk berbagai ilmu dan wawasan dalam memecahkan berbagai masalah kompleks yang dihadapinya.
Dengan pelatihan menggambar, maka akan menjadi modal besar untuk mengajar karena fungsinya dalam upaya  peningkatan daya kreatifitas anak. Diharapkan para peserta pelatihan mampu menguasai ketrampilan menggambar dan diimplementasikan dengan metode yang beragam asal tetap mengacu pada kurikulum.
Sebenarnya menggambar itu tidaklah sulit, hanya saja sangat kurang porsi latihannya. Kemampuan menggambar bukanlah bakat, tetapi salah satu ketrampilan yang akan terkuasai dengan baik jika mau melatihnya dengan proses yang berkesinambungan. Bakat kemampuan menggambar hanya sebagai percepatan saja.
Dalam mengajari anak menggambar, jangan sampai kita menyalahkan hasil gambar anak didik kita apapun bentuknya, yang dinilai bukan bentuk gambarnya, tetapi daya kreasi anak dalam menuangkan imajinasinya. Biasanya anak akan jadi antusias dengan cerita guru tentang materi atau obyek yang akan digambar.
Setiap orang tua tentu ingin mendapatkan pendidikan yang baik untuk tumbuh kembang anaknya, guru PAUD atau TK memegang peran sangat penting dalam pendampingan dan pendidikan anak, harapan ini akan bisa sukses jika para pendidik mempunyai bekal yang mumpuni dalam menjalankan tugas yang amat muia tersebut.
Pelatihan menggambar untuk para guru akan mencapai hasil optimal jika dilaksanakan berkesinambungan, lebih bagus lagi jika mengadakan kerjasama dengan psikolog, karena tugas guru PAUD sangat erat dengan penguasaan ilmu psikologi. Sehingga dengan pelatihan yang terprogram akan meningkatkan kwalitas guru sehingga mereka akan sangat nyaman dan tidak kebingungan dalam mendampingi dan menumbuhkembangkan setiap aspek kecerdasan anak dengan optimal.
Semoga pembahasan ini akan menambah kearifan kita dalam mendampingi dan mendidik anak-anak kita dengan nyaman.

Pos terkait