Pelajaran menggambar SD kelas 3

Pelajaran menggambar di SD kelas 3 murid-murid masih belum boleh diberikan pelajaran dengan bantuan tehnik. melainkan masih tetap mempergunakan cara di kelas 2, tetapi dengan bimbingan yang agak lebih terarah. 
Berikanlah atau tugaskanlah murid-murid supaya mempunyai buku gambar yang berukuran paling kecil 26 x 37 cm. Buku dengan ukuran ini penting artinya dalam pendidikan dalam melatih keteraturan di samping sekali-sekali menggambar pada kertas gambar yang berukuran lebih besar. 
Sebagai selingan atau sebagai alat pembantu bagi murid-murid untuk mengekspresikan khayalannya, mereka dapat disuruh menggambarkan suatu cerita yang sederhana.  Seperti fragmen dalam cerita sang kancil dengan kura-kura dan lain-lain. Atau tentang pengalaman mereka pergi berpiknik dengan orang tuanya ke luar kota, pengalaman di sawah, menangkap ikan di pantai dan lain-lain. 
Variasi seperti ini disebutkan di atas tak perlu dipaksakan, karena ada anak yang tak mampu melukiskan fragmen pengalamannya, lalu membuat gambar lain. 
Contoh yang diperhatikan oleh gambar 1 dan gambar 2 menunjukkan kepada kita bahwa murid-murid yang duduk di kelas 3, tidak hanya mengenal bentuk saja (outline), tetapi juga sudah mulai memulas untuk mencari bentuk dimensi.  Kecenderungan ke arah peningkatan kesempurnaan ini perlu diperhatikan dengan cara mengenal bentuk-bentuk, warna-warna, perbandingan-perbandingan, akan terlihatlah suatu hasil yang murni yang selaras dengan perkembangan jiwa anak sesuai dengan umurnya. 
Sekali-kali berikanlah kertas yang agak luas ukurannya untuk dapat murid-murid lebih bebas mengekspresikan apa yang tergambar dalam angan-angannya. baik secara pengamatannya akan alam sekitar, maupun daya khayalnya. 
Gambar 3 dan gambar 4 adalah sebagai bahan perbandingan untuk kita dapat menilai kemajuan-kemajuan yang telah dicapai oleh murid yang telah duduk di SD kelas 3.
Contoh gambar karya siswa dari hasil mengajar Pelajaran menggambar SD kelas 3
Gambar 1
Murid di kelas 3 telah mulai meningkatkan dari gambar bentuk dengan memulas bidang untuk lebih mendekati kenyataan menurut daya tanggapnya. 
Contoh gambar karya siswa dari hasil mengajar Pelajaran menggambar SD kelas 3
Gambar 2
Seperti gambar 1, anak-anak di kelas 3 sudah lebih ingin menggambar mendekati bentuk sebenarnya.
Contoh gambar karya siswa dari hasil mengajar Pelajaran menggambar SD kelas 3
Gambar 3
Hasil gambaran seorang anak wanita di kelas 3 yang memperlihatkan tingkatan kemajuan ketrampilan sesuai dengan umur dan kelasnya
Contoh gambar karya siswa dari hasil mengajar Pelajaran menggambar SD kelas 3
Gambar 4
Penguasaan bentuk yang dibantu dengan pulasan mencerminkan kemajuan ketrampilan serta pengertian akan bentuk.

Semoga artikel sederhana ini menginspirasi kita untuk lebih bisa mengemas pembelajaran menggambar pada anak SD kelas 3 khususnya menjadi pembelajaran yanag nyaman dan menyenangkan sehingga outputnya jadi optimal. Silakan menikmati sajian kami selanjutnya di kelas 4.

Terimakasih atas kunjungan Anda.

Pos terkait