Pelajaran menggambar SD kelas 2

Cara memberikan pelajaran menggambar di SD kelas 1, masih tetap dilakukan di kelas 2. Yakni murid-murid diberikan kebebasan menggambar apa yang diinginkannya. Akan tetapi karena kecerdasan berpikirnya sudah lebih maju dari pada anak-anak di kelas 1 dan kepandaiannya mempergunakan alat-alatpun demikian pula, maka secara sedikit-sedikit sudah boleh diberikan kritik ynag tidak langsung terasa olehnya, umpamanya secara menanyakan, apakah benar jari ayam itu hanya ada dua atau kepala orang sama besar dengan badannya dan lain-lain. Jadi bimbingan teknis secar tegas-tegas belum boleh diberikan, melainkan dengan dialog-dialog atau percakapan dengan anak-anak, mereka sedikit demi sedikit dapat memperbaiki gambar-gambarnya. 
Pengembangan daya cipta serta inisiatif anak-anak harus tetap dipupuk. Dengan cara ini dapatlah suatu pedoman bagi guru kira-kira bentuk bagaimana dan sampai ke mana tahap yang dapat dicapai murid di kelas 2. 
Murid-murid dapat membuat keinginanya masing-masing. Warna-warnapun dapat mereka pergunakan dengan bebas sesuai dengan cita rasa anak, tentulah dimana perlu diberikan pula petunjuk-petunjuk. 
Menggambar bebas seperti contoh gambar 1, 2, dan 3 sebagaimana di terangkan di atas, sudah boleh diberikan bimbingan secara sederhana kalau terdapat kejanggalan yang sangat menyolok. Akan tetapi haruslah selalu diingat janganlah memberi petunjuk-petunjuk yang mempersulit murid-murid melaksanakan daya fantasinya atau pengekpresian hasil pengamatannya.

Anak-anak akan semakin bersemangat jika para pendidik juga mengajari berbagai langkah mudah menggambar, misalnya menggambar burung cantik-cantik ini, atau berbagai langkah mudah menggambar kucing ceria nan lucu-lucu ini, juga sajian berbagai langkah mudah menggambar kami yang lainnya.

Bahan-bahan dan alat-alat menggambar tetap sama seperti bahan-bahan dan alat di kelas 1.  Sekali-kali suruhlah murid-murid membuat gambar-gambar di rumah dengan variasi teratur. Umpamanya pada minggu pertama di suruh menggambar bebas, minggu yang lain ditentukan motifnya. 
Pada dekat akhir tahun pelajaran, jika anak-anak mempunyai peralatan yang baik atau lengkap, seperti cat air, pastel dan sebagainya, suruhlah mereka membuat gambar atau lukisan pada kertas gambar yang lebih besar ukurannya, yakni 37 ½ cm x 55 cm. Gambar-gambar ini simpanlah baik-baik dan sewaktu-waktu dapat dikeluarkan jika ada pameran.

Contoh contoh gambar karya siswa dari hasil Pelajaran menggambar SD kelas 2
Gambar 1
 Seorang anak kelas 2 menggambarkan kembali pengalamannya yang pernah ke luar kota

Contoh contoh gambar karya siswa dari hasil Pelajaran menggambar SD kelas 2

Gambar 2. Kombinasi dari pengalaman apa yang pernah dilihat oleh seorang murid kelas 2 yang tinggal di kota

Contoh contoh gambar karya siswa dari hasil Pelajaran menggambar SD kelas 2
Ganbar 3. Anak yang menggambarkan gambar 3 ini rupanya mengekspresikan ingatan tentang rumahnya, atau rumah yang pernah dikunjunginya atau dilihatnya. Diharapkan para guru dapat menyalurkan angan-angan murid dalam pelajaran menggambar seperti gambar ini

Semoga tulisan sederhana ini bisa menginspirasi sobat pembaca, Metode  pembelajaran yang kreatif dan meyenangkan akan memberikan hasil yang optimal.

Selamat menikmati hidangan kami selanjutnya di kelas 3. Terimaksih atas kunjungnnya.

Pos terkait