Menggambar pemandangan alam

Sobat cengkir yang berbahagia, menggambar pemandangan alam bisa dibuat dengan dua cara, mengamati suasana alam secara langsung atau dengan  imajinasi kita. Keduanya memiliki tehnik menggambar yang hampir sama.
Menggambar pemandangan alam dengan mengamati objek langsung
Tehnik atau langkah-langkah untuk menggambar suasana alam dengan mengamati objek secara langsung adalah sebagai berikut :
1. Menyiapkan alat dan bahan
Alat dan bahan yang  harus kita persiapkan untuk menggambar suasana alam dengan mengamati objek secaral langsung antara lain : bingkasi pemandang, papan gambar, cat ir, palet, pensil dan kuas, gelas air, penghapus dan penjepit.
Bahan dan alat untuk menggambar objek secara langsung
Bahan dan alat untuk menggambar
2. Memilih objek
Silakan berjalan-jalan santai dengan membawa bahan dan alat menggambar, saat menjumpai pemandangan alam yang menarik, bersiaplah untuk menggambar, carilah tempat yang nyaman untuk berkarya indah  ini. Pilih target pamandangan alam yang paling menarik untuk digambar dengan bingkasi pemandang. Bingkai pemandang bisa dibuat dari kertas karton berbentuk L yang disatukan dengan paperklip. penyatuan dua kertas karton ini akan membentuk lubang persegi panjang di tengahnya.
Cara menggunakan bingkai pemandang untuk memilih  objek
Cara menggunakan bingkai pemandang
3. Membuat sketsa
Caranya, buatlah garis atau goresan tipis saja dengan pensiil. Tidak usah ragu-ragu, jika sudah terlatih akan mahir dengan sendirinya dalam membuat sketsa pemandangan alam ini atau sketsa bentuk apapun.
Sketsa pemandangan alam dengan mengamati objek
Sketsa pemandangn alam dengan mengamati objek
 4. Sempurnakan sketsa dengan menciptakan volume dan karakter objek.
Caranya dengan memberikan penekanan-penekanan warna dasar yang jelas pada bagian-bagian pemandangan alam yang dikehendaki, misalnya warna hijau pada dedaunan, coklat pada tanah, kuning pada sawah, putih pada rumah dan sebagai nya.
Penyempurnaan sketsa pemandangan alam
Penyempurnaan sketsa
5. Perjelas volume dan karakter objek pemandanan alam dengan arsiran dan gelap terang.
Arsiran dan gelap terang dimulai dari goresan terang ke gelap.. Jika menggunakan cat air, gelap terang dapat dilakukan dengan menguaskan warna muda ke warna yang lebih tua. Sobat akan menghasilkan pemandangan alam yang amat mempesona dan menyejukkan jiwa jika sobat menguasai ilmu mencampur warna
Penambahan arsiran dan gelap terang pemandangan alam
Penambahan arsiran dan gelap terang

Cukup mudah dan mengasyikkan ya sobat,  silakan untuk mencoba pemandangan alam yang lain, misal pemandangan alam  pantai nan indah dan sebagainya yang sobat senangi.  

Untuk tehnik menggambar pemandangan alam berdasarkan imajinasi, insaya Alloh akan segera sobat nikmati, tungggu saja ya, terimakasih atas kunjungannya.

Pos terkait