Budidaya Bonsai

Menanam biji pohon sebagai teknik budidaya Bonsai

Menanam biji pohon sebagai teknik budidaya Bonsai – Istilah Jepang, “Misho,” mengacu pada praktik menanam Bonsai dari biji pohon. Ini bisa menjadi proses yang sangat bermanfaat yang memungkinkan Anda menumbuhkan tanaman sebagai pohon Bonsai sejak awal, meskipun itu menuntut banyak kesabaran.

Dibutuhkan minimal tiga tahun sebelum bibit cukup matang untuk mulai terbentuk, tetapi ini menguntungkan, karena Anda memiliki kendali penuh atas pohon Bonsai Anda sejak awal. Misho adalah satu-satunya cara nyata untuk menumbuhkan Bonsai sejak awal!

Bibit pohon bonsai

Untuk memulai, Anda perlu mendapatkan beberapa biji pohon. Anda dapat mengumpulkan benih dari pohon di sekitar Anda atau Anda dapat memilih untuk membelinya di toko online. Ingatlah bahwa Bonsai dibuat dari pohon biasa, jadi tidak ada yang namanya “bibit pohon Bonsai” yang spesial.

Membuat Bonsai Anda dari biji yang dikumpulkan di daerah Anda memastikan bahwa mereka akan berada di iklim yang ideal dan lebih mungkin untuk berkembang. Benih yang bersumber secara lokal harus ditanam selama musim gugur untuk hasil terbaik.

Namun, jika Anda ingin menanam benih lokal di luar musim, membeli benih secara online, atau menanam benih asing yang berasal dari iklim yang berbeda, mungkin perlu menggunakan teknik stratifikasi.

Stratifikasi

Stratifikasi adalah proses perlakuan benih untuk mensimulasikan kondisi pertumbuhan alami yang mereka butuhkan untuk berkecambah. Benih dari banyak spesies pohon secara genetik diprogram untuk bertahan hidup melalui musim dingin dan berkecambah di awal musim semi. Ini membantu mereka memaksimalkan durasi musim tanam pertama mereka. Sebagian besar benih ini hanya dapat tumbuh setelah periode dingin.

Jadi, ketika Anda menanam benih untuk Bonsai yang berasal dari iklim yang berbeda, atau Anda menanam di luar musim, mungkin perlu untuk mensimulasikan musim dingin untuk meningkatkan tingkat perkecambahan.

Sebagian besar spesies pohon akan meminta Anda merendam benihnya dalam air sebelum menyimpannya di lemari es selama satu atau dua bulan. Jumlah waktu yang tepat dan suhu optimal tergantung pada spesies pohon. Pencarian online cepat akan memberi Anda jawaban yang tepat.

Untuk pemula, proses ini mungkin terlalu maju, jadi kami menyarankan Anda untuk mengumpulkan benih dari spesies pohon di daerah Anda, menyimpan benih di luar dan menanamnya di awal musim semi, seperti yang dilakukan Ibu Pertiwi!

Bonsai Juniper
Bonsai Juniper yang menakjubkan ini diperkirakan berusia sekitar 100 tahun. Untuk lebih banyak foto, periksa Galeri Bonsai kami .

Di mana saya menemukan benih?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Anda dapat mengumpulkan benih selama musim gugur dari pohon lokal yang tumbuh di daerah Anda. Chestnut dan biji ek adalah benih yang mudah ditemukan di hutan. Biji tumbuhan runjung ditemukan di dalam kerucut pinus. Setelah Anda mengumpulkan biji pinus, simpan di tempat yang hangat sehingga bijinya terlepas dari sela-sela sisiknya. Bibit berbagai jenis pohon juga mudah tersedia untuk dibeli di toko Bonsai online .

Kapan saya harus menabur benih saya?

Waktu terbaik untuk menabur benih Anda adalah di musim gugur untuk menyelaraskan dengan jadwal alam. Ini memberi bibit muda musim panas penuh untuk tumbuh setelah berkecambah di musim semi, dan itu berarti Anda tidak perlu khawatir tentang stratifikasi.

Dari pembibitan hingga Bonsai

Sebelum kita mulai menyebarkan benih, penting untuk mengetahui tahap perkembangan bibit terlebih dahulu. Menanam Bonsai dari biji akan menguji kesabaran Anda, tetapi ini adalah cara yang bagus untuk menata pohon Bonsai tanpa perlu memangkas cabang yang tebal, seperti yang Anda lakukan saat menata Yamadori atau pembibitan. Baca bagian Styling Bonsai untuk informasi lebih rinci tentang teknik pengkabelan dan pemangkasan.

Untuk memberi Anda perjalanan visual singkat tentang pertumbuhan pohon, berikut adalah lima gambar pohon cedar Jepang yang ditanam dari biji menjadi Bonsai selama 22 tahun. Terima kasih banyak kepada Jose Ontañón karena telah membagikan gambar-gambar yang menginspirasi ini.

Video menanam Bonsai dari Biji

Cara Menanam Bonsai Dari Biji

Dikutip dari kiatekita.blogspot.com, penyemaian biji bonsai dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu indoor atau outdoor. Bila ingin menyemainya indoor di dalam ruangan, campurlah biji dengan pasir yang agak kering dalam satu baki besar dan masukkan dalam lemari es selama beberapa minggu.

Biji pohon maple bisa berkecambah selama dua minggu meskipun disimpan dalam lemari es. Bila kita menyemai biji di dalam ruangan, kuatkan dulu benihnya sebelum ditanam di luar secara permanen.Biji dari beberapa spesies membutuhkan cukup lama untuk berkecambah. Cara terbaik adalah dengan menyemainya di luar ruangan.

Persiapan Tanam Bonsai dari Biji

  • Benih biji bonsai : biji yang berkulit keras akan lebih cepat berkecambah apabila kulitnya sedikit diretakkan atau disayat. Biji-biji sebagian besar spesies tanaman keras perlu dipersiapkan kondisinya terlebih dahulu agar bisa berkecambah.
  • Wadah atau pot tanam : sesuai jumlah biji yang ingin anda tanam
  • Media tanam : gunakan tanah yang banyak pasirnya tetapi tanpa pupuk tambahan
  • Peralatan tanam.

Proses Penyemaian

  • Setelah dibersihkan tanamlah biji dalam sebuah baki yang telah diisi lapisan kompos yang baik. Aturlah dengan jarak yang sama. Biji yang keras akan berkecambah lebih baik jika kulitnya dipecahkan atau disayat dengan pisau tajam.
  • Tutuplah biji dengan kompos setebal biji. Jangan tekan kompos biarkan tetap longgar agar biji bisa bernafas.
  • Baki biji harus disemprot dengan air. Bisa juga diberikan fungisida berbasis tembaga seperti senyawa cheshunt yang akan membantu mencegar pembusukan biji maupun mencegah penurunan kekuatan bibit yang dihasilkan.
  • Tutuplah baki dengan menyediakan cukup ventilasi. Letakkan baki di luar ruangan agar biji beradaptasi dengan perubahan suhu udara.
  • Secara rajin, semprotkan air dengan sprayer untuk menjaga kelembaban. Jangan biarkan terlalu kekeringan ataupun terlalu basah.
  • Kecambah akan tumbuh tidak bersamaan, jaga terus kelembaban sampai tunas cukup besar.
  • Jika batang tunas dan akar sudah cukup kuat, kamu bisa memindahkan ke media tersendiri dan diatur sesuai selera.

Demikian cara mudah Menanam Bonsai Dari Biji, semoga bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button