Faedah besar mengajari anak menggambar dan mewarnai sejak dini

Faedah besar mengajari anak menggambar dan mewarnai – Perlu kita ketahui bahwa kegiatan menggambar dan  mewarnai sangat menyenangkan bagi anak-anak, mereka akan menumpahkan imajinasi yang menumpuk di kepala mereka, bentuk gambar atau coretan dalam kegiatan menggambar adalah mewakili sejauh mana tingkat kreativitas atau imajinasi mereka juga sebagai media tumpahan suasana hati bagi anak-anak.  
Oleh karena itu sangat dianjurkan para orang tua untuk mengajari anak-anak mereka menggambar, mewarnai, dan melukis sejak dini jika perlu diikutsertakan kursus menggambar atau kursus melukis. Jangan meremehkan pembelajaran menggambar dan mewarnai pada anak Anda, karena manfaatnya sangat besar bagi tumbuh kembang anak selanjutnya. Semakin dini anak diajarkan menggambar, akan semakin mudah diketahui potensi dan bakatnya sehingga semakin mudah orang tua untuk mengarahkan tumbuh kembang potensi dan bakatnya,

Kegiatan menggambar atau mewarnai sudah menjadi bagian dari kehidupan si kecil dengan segala tingkah lugunya. Kebanyakaan orang tua tidak menyadari dengan tingkah polah anaknya dalam mengaktualisasikan potensi dirinya dengan tindakan corat coretnya, coret ini coret itu, Malah kadang si kecil dimarahi karena dianggap suatu hal yang tidak ada manfaatnya bahkan dianggap sebagai bentuk kenakalan, sungguh suatu kebodohan yang harus segera kita disadari. Sesungguhnya aktivitasa menggambar dan mewarnai sangat berfaedah bagi tumbuh kembang anak, antara lain :

1. Tumbuh Kembangnya Kemampuan Motorik -Kegiatan mewarnai adalah aktifitas yang sangat membantu tunbuh kembangnya kemampuan motorik anak juga tumbuh kembangnya kinerja otot tangan. Hal ini sangatlah penting bagi perkembangan anak kelak untuk mendukung aktifitas lainnya dimana sangat diperlukan koordinasi atau kinerja otot tangan dalam melakukan segala proses dalam kehidupan ini. Nah, ternyata mengajari anak kita menggambar dan mewarnai sejak dini sangatlah penting dan metode jitu untuk tumbuh kembangnya kinerja otot tangan

2. Melatih Kemampuan Koordinasi -Pada aktifitas mewarnai sangat diperlukan koordinasi yang serasi antara mata dan tangan. Cara menggenggam pensil atau crayon, mencoret,  memilih warna yang sesuai hingga keras lemahnya penekanan goresan memerlukan koordinasi yang serasi antar semua anggota  tubuh anak, Kemampuan koordinasi yang serasi  sejak dini ini sangatlah bermanfaat untuk kemajuan segala aspek kehidupan anak hingga mereka dewasa kelak.

3.Sarana Berekspresi bagi Anak -Sesungguhnya anak sangat memerlukan media untuk mengungkapkan perasaan dirinya, baik itu perasaan riang gembiranya maupun kegundahan hatinya. Dengan media menggambar dan mewarnai semua itu akan tersalurkan, akan terlihat dari gambar atau warna yang digoreskan, apakah itu perasaan riang gembira atau sedang gundah gulana.

4. Akan mudah mengenal perbedaan warna -Melatih anak sejak dini menggambar dan  mewarnai akan membantu mereka mengenal warna dengan jeli, sehingga akan dengan mudah mengetahui perbedaan warna antara benda satu dengan benda lainya. Sehingga si anak dengan mudahnya bisa memadukan warna-warna dengan serasi juga menguasai teknik mencampur warna dengan lihainya.

5. Melatih si kecil menggenggam pensil. -Dikala si kecil mulai belajar memegang pensil atau crayon, maka si kecil akan berusaha mengontrol pensil yang dipegangnya dengan benar sesuai dengan keinginan imajinasi atau bidang yang akan diwarnai. Hal ini kelak akan membantu dalam kemahiran menulis saat sekolah di kemudian hari.

6. Memicu tumbuh kembangnya daya konsentrasi anak -Dengan kegiatan menggambar atau mewarnai, maka si kecil akan berusaha fokus pada kegiatannya walaupun keadaan di sekelilingnya sangat banyak aktivitas. Si anak tentu akan berusaha tetap fokus pada imajinasi atau bidang yang diwarnainya sekalipun kondisi di sekelilingnya sedang gaduh. Nah, daya konsentrasi ini sangatlah besar faidahnya bagi tumbuh kembangnya kemahiran menyelesaikan soal-soal logika matematika juga kompleksitas persoalan lain dalam hidupnya kelak. Sehingga diharapkan si anak akan menoreh prestasi membanggakan pada orang tua dengan bekal daya konsentrasi yang tinggi karena dilatih sejak dini dengan kegiatan menggambar atau mewarnai.
7. Melatih si kecil bertanggung jawab menyelesaikan pekerjaannya -Dalam aktifitas menggambar atau mewarnai tentu anak akan bersedia merampungkan bidang yang diwarnainya atau target yang dituju pada proses menggambar. Hal ini akan menumbuhkembangkan rasa tanggung jawab pada diri anak untuk menyelesaikan pekerjaannya, juga akan menumbuhkan rasa percaya diri bahwa dia akan bisa merampungkan tugas yang sedang dilakukannya. Karakter ini sangatlah bermanfaat untuk menyelesaikan kompleksitas persoalan kehidupan yang akan dihadapinya kelak.

8. Warna bisa sebagai media relaksasi dan terapi pada si kecil -Anak usia dini sangatlah banyak geraknya dengan segala tingkah  polah aktifitas sepanjang hari-harinya, tentu hal  ini akan melelahkan bagi anak. Mereka perlu media relaksasi untuk memulihkan stamina jiwa raganya. Sesungguhnya warna bisa sebagai  media terapi pada si kecil untuk relaksasi seteleh lelah beraktifitas, sehingga dengan hal ini si kecil tidak akan mengalami stress yang akan mengganggu tumbuhkembangnya.

Nah, ternyata begitu besar manfaat mengajarkan kegiatan menggambar atatu mewarnai sejak dini pada anak-anak kita ya. Sebenarnya masih banyak manfaat lainnya, uraian di atas hanya secara garis besarnya saja. Semoga pembahasan ini akan bermanfaat pada sikap kita, kepedulian kita pada tumbuhkembangnya anak-anak kita tercinta, penyejuk mata kita.

Pos terkait