Cara Termudah Menggambar Gurun

Dalam istilah geografi, gurun, padang gurun atau padang pasir adalah suatu daerah yang menerima curah hujan yang sedikit – kurang dari 250 mm per tahun. Gurun dianggap memiliki kemampuan kecil untuk mendukung kehidupan. Jika dibandingkan dengan wilayah yang lebih basah hal ini mungkin benar, walaupun jika diamati secara saksama, gurun sering kali memiliki kehidupan yang biasanya tersembunyi (khususnya pada siang hari) untuk mempertahankan cairan tubuh. Kurang lebih sepertiga wilayah bumi adalah berbentuk gurun.
Bentang gurun memiliki beberapa ciri umum. Gurun sebagian besar terdiri dari permukaan batu karang. Bukit pasir yang disebut erg dan permukaan berbatu merupakan bagian pembentuk lain dari gurun.
Gurun kadang memiliki kandungan cadangan mineral berharga yang terbentuk di lingkungan kering (bahasa Inggris: ‘arid’) atau terpapar oleh erosi. Keringnya wilayah gurun menjadikannya tempat yang ideal untuk pengawetan benda-benda peninggalan sejarah serta fosil. Air tanah di gurun cenderung asin karena larutan garam dalam tanah tidak cenderung berpindah baik karena pencucian oleh air maupun drainase
Persebaran bioma gurun banyak terdapat di wilayah benua Afrika Utara (Sahara) , Amerika Utara (Great Basin), Austalia (Gibson), Asia (Takla Makan), dan Indonesia (Parangtritis).
Lingkungan biotik:
  • flora: tumbuhan yang dapat beradaptasi dengan lingkungan yang kering (xerofit) seperti kaktus, pohon korma, dan zaitun
  • fauna: hewan besar yang mampu menyimpa air seperti unta, sedangkan hewan kecil hanya aktif pada pagi dan malam hari di mana pada siang harinya bersembunyi di lubang-lubang seperti ular, tikus, kadal, dan serangga.

Bagaimana Menggambar Gurun…..?
Jangan kawatir Kawan…disini saya sajikan tutorial mudah menggambarnya. Langkah demi langkah yang saya paparkan sangat sederhana sehingga Anda bisa menikmati dengan riang gembira. Berikut ilustrasi gurun dengan tumbuhan kaktus yang bisa beradaptasi di lingkungan tersebut.

Ilustrasi Gurun
Ilustrasi Gurun
Cukup indah bukan….?Nah…sekarang mari kita mulai bekerja 
Langkah 1. Sekarang, jika Anda penasaran dengan tumbuhan apa yang bisa dinikmati di padang pasir yang sepi, saya sarankan Anda untuk referensi sebanyak mungkin di berbagai lanskap padang pasir. Inilah beberapa dari sedikit jenis vegetasi di lanskap ini. 1) adalah kaktus khas yang berbaur dengan pohon palem. .2) adalah kaktus yang memiliki berbagai batang, tapi sangat panjang dan tipis. 3) adalah kaktus bercabang abstrak yang terutama terdiri dari 3 batang
how to draw deserts step 1 1 000000112521 3
Langkah 2. Berikut adalah contoh pemandangan padang pasir yang sangat jauh dengan bukit pasir dengan sedikit tumbuh-tubuhan yang melingkupi. Ingatlah untuk mengamati dan referensi sebanyak mungkin saat Anda menggambar pemandangan ini!
how to draw deserts step 2 1 000000112523 3
Langkah 3. Mari kita mulai dengan menggambar gundukan berbatu datar yang akan membentuk fondasi padang pasir kita.
how to draw deserts step 3 1 000000112525 3
Langkah 4. Anda sekarang akan menambahkan beberapa tepi seperti yang Anda lihat di sini, lalu beberapa bebatuan yang akan menambahkan realisme pemandangan gurun Anda.
how to draw deserts step 4 1 000000112527 3
Langkah 5. Setelah pondasi digambar, kita bisa mulai menggambar beberapa semak kaktus. Seperti yang Anda lihat, saya menyertakan kaktus khas, serta kaktus pendek gemuk yang memiliki bunga tumbuh di ujungnya.
how to draw deserts step 5 1 000000112529 3
Langkah 6. Terakhir, gambar latar belakang gurun Anda berupa pemandangan gunung yang nampak di kejauhan. Tambahkan detail pada gundukan, lalu gambarlah beberapa bebatuan yang lebih besar. Hapus kesalahan yang telah Anda lakukan.
how to draw deserts step 6 1 000000112531 3
Langkah 7. Oke…..Inilah gambar Anda saat semua sudah selesai. Sekarang Anda bisa mewarnai sehingga nampak mempesona sebagaimana gambar paling atas. Anda bisa mewarnai sesuai dengan keinginan Anda
how to draw deserts step 7 1 000000112533 3
Fantastis……sangat mudah bukan…..? Jangan lewatkan tutorial super simpel menggambar pemandangan yang lainnya :

Juga tutorial super praktis menggambar pemandangan menakjubkan lainnya. Terimakasih atas kunjungan Anda.

Pos terkait