Cara Mudah Sketsa Pohon

Sketsa (berasal dari bahasa Yunani σχέδιος – schedios, “done extempore” adalah karya gambar yang biasanya tidak dimaksudkan sebagai hasil karya akhir. Sebuah sketsa dapat memiliki beberapa tujuan: merekam sesuatu yang dilihat oleh seniman, merekam atau mengembangkan gagasan untuk dipakai kemudian, atau dapat juga digunakan sebagai cara singkat menggambarkan citra, gagasan, atau prinsip.
Sketsa dapat dibuat pada beragam media gambar. Istilah ini sering diterapkan pada karya grafis yang dikerjakan pada media kering, seperti silverpoint, grafit, pensil, arang, atau pastel, namun dapat juga diterapkan pada gambar yang dikerjakan menggunakan pena dan tinta, pena ballpoint, cat air, dan cat minyak. Dua jenis terakhir umumnya disebut sebagai “skesa cat air” atau “sketsa cat minyak”. Seorang pematung dapat juga membuat sketsa model tiga dimensi dari tanah liat, plastisin, atau wax.
Sketsa umumnya digambarkan sebagai bagian dari pelajaran mahasiswa seni. Hal ini umumnya mencakup pembuatan sketsa (croquis) dari model hidup yang berpose berubah-ubah tiap beberapa menit. Sebuah sketsa biasanya berupa gambar cepat dan ringan, sementara istilah-istilah terkait, seperti study, modello, dan “preparatory drawing” biasanya mengacu pada karya yang digunakan sebagai dasar pembuatan karya akhir, kerap dibuat pada media berbeda, tapi perbedaannya tidak mencolok. Sementara underdrawing adalah gambar yang berada di bawah karya akhir, yang terkadang masih tampak atau dapat dilihat menggunakan metode ilmiah modern seperti sinar X.
Kebanyakan seniman gambar menggunakan sketsa sebagai sebuah metode merekam atau menghasilkan gagasan. Buku-buku sketsa beberapa artis menjadi terkenal, di antaranya milik Leonardo da Vinci dan Edgar Degas yang telah menjadi objek seni tersendiri, dengan banyak halaman yang menunjukkan gambar akhir dan sketsa. Istilah “buku sketsa” mengacu pada buku kerta kosong yang digunakan seniman untuk menggambar. Buku ini dapat dibeli dalam bentuk terjilid atau berupa lembaran-lembaran terpisah yang kemudian dirangkai atau dijilid bersama.
Kemampuan merekam kesan secara cepat melalui sketsa memiliki berbagai maksud pada budaya masa kini. Sketsa ruang pengadilan merekam suasana atau orang-orang di ruang pengadilan. Sketsa yang dibuat untuk membantu pihak berwenang menemukan atau mengenali buronan disebut sketsa wajar atau sketsa komposit. Artis jalanan di tempat-tempat wisata terkenal sering kali menggambar sketsa dalam beberapa menit.
Bagaimana Cara Mudah Sketsa Pohon ?
Saya berikan solusinya Kawan….saya berilustrasi berupa gambar pepohonan indah seperti di bawah ini..
how to sketch trees 1 000000006667 3
Oke….dari gambar di atas akan saya sederhanakan menjadi langkah demi langkah super mudah mensketsa pohon seperti di bawah ini…
Langkah 1. Mulailah panduan Anda di atas kertas dalam orientasi horizontal atau lansekap. Mulailah sekitar setengah bagian kertas ke bawah dan sketsa ringan dua garis horizontal, gundukan tanah dari kanan, nampak di dekat bagian tengah halaman. Sebidang tanah lain di sebelah kanan lebih dekat dengan Anda. Di sebelah kiri adalah kolam yang terbentuk dari daratan ini. Sketsa ringan dan keakurasian bentuk.
Langkah 1. Cara Mudah Sketsa Pohon
Langkah 1. Cara Mudah Sketsa Pohon
Langkah 2. Tambahkan empat bentuk ke daratan Anda. Salah satu bentuk di sebelah kiri tampak seperti permen, yang lainnya berbentuk lilin, kerucut es krim terbalik, dan terakhir silinder tinggi. Ya, itu awal sketsa pohon! Ini membantu Anda sebagai bentuk umum rumpun pohon pada gambar di atas.

Langkah 2. Cara Mudah Sketsa Pohon
Langkah 2. Cara Mudah Sketsa Pohon
Langkah 3. Di sinilah Anda mulai menambahkan detail yang dapat dikenali. Di balik tiga pohon yang terlihat nampak lebih banyak pohon di latar belakang. Kita dapat mensketsa tambahan tersebut dengan menempatkan panduan seperti tongkat untuk detail di langkah selanjutnya. Dan saat Anda melihat gambar referensi, ada banyak bagian pohon di latar depan. Menambahkan beberapa panduan bagian batang pohon akan membantu menghilangkan kebingungan.

Langkah 3. Cara Mudah Sketsa Pohon
Langkah 3. Cara Mudah Sketsa Pohon
Langkah 4. Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana bisa menggambar semua pohon, bagian batang dan daunnya. Ini tugas yang tidak mungkin. Sedikit kesabaran dan gagasan tentang bentuk umum saja akan sangat membantu. Lihatlah lingkaran yang baru ditambahkan di sekitar pohon latar dan pohon latar depan dengan bagian yang ditambahkan. Juga ada spiral di sekitar pop-up dan kerucut. Ini akan membantu arah, yang mana adalah kelompok pohon utama yang ditonjolkan dan seberapa tebal kerimbunannya.

Langkah 4. Cara Mudah Sketsa Pohon
Langkah 4. Cara Mudah Sketsa Pohon
Langkah 5. Jika terasa lelah beristirahatlah dulu…., lanjutkan dengan tenang… Tambahkan daunnya pada pohon latar, terlihat seperti garis-garis wiggly dan gumpalan bola. Di tengah jalan, kami memiliki tiga sajian yang terlihat seperti pohon pinus. Lihat bagaimana arsiran muncul dari tempat spiral berada. Dan dengan sabar Anda menambahkan lebih banyak tungkai ke pohon latar depan dengan daun yang menakjubkan. Anda bahkan menambahkan rumah kecil dan jembatan di latar belakang. Lihatlah kolam itu! Garis itu mewakili bayangan pohon dan bahkan langit. Oh, Anda hampir tidak bisa melihat bebek, tapi mereka ada di sana. Menambahkan beberapa bentuk akan meningkatkan keindahan alam.

Langkah 5. Cara Mudah Sketsa Pohon
Langkah 5. Cara Mudah Sketsa Pohon
Langkah 6. Coba lihat…! Jika Anda belum mengetahuinya, ini adalah bentuk dasar alam – bola, kubus, kerucut, dan silinder. Anda bisa melihat banyak bentuk itu dalam gambar yang sedang Anda kerjakan sekarang. Lalu ketika saya berbicara tentang corak yaitu terang atau kegelapan benda. Bayangan adalah bagian dari benda yang jauh dari cahaya. Bayangan atau “Casting Shadow” adalah bentuk bayangan yang jatuh di permukaan yang lain. Tekstur adalah efek akhir atau “khusus” yang digambar di permukaan suatu benda. Ini mungkin tampak tidak sempurna, namun prinsip-prinsip ini akan bertahan setelah beberapa saat, membawa Anda lebih banyak teknik sebagai seniman.

Langkah 6. Cara Mudah Sketsa Pohon
Langkah 6. Cara Mudah Sketsa Pohon
Langkah 7. Efek Khusus/Special Effects! Bagaimana di dunia ini Anda menciptakan daun dan refleksi kolam yang fantastis tanpa bayangan. Rahasianya adalah bagaimana Anda memegang pensil dan jenis ujung pensil. Memegang pensil tajam dalam bentuk tulisan biasa dengan jari di tengah memungkinkan goresan sangat tipis. Memegang pensil pada tingkat 45 derajat atau mendekati ke meja di bawah tangan memungkinkan Anda untuk menggeser dari sisi pensil sisi datar. Pensil yang dipahat bisa Anda temukan di toko seni. Lihatlah efek yang berbeda pada langkah ini. Berlatihlah goresan ini dan lihat bedanya.

Langkah 7. Cara Mudah Sketsa Pohon
Langkah 7. Cara Mudah Sketsa Pohon
Langkah 8. Hasil akhir Anda mungkin mengejutkan, terlihat persis seperti gambar ini, atau ternyata sangat berbeda. Pelajari, perkembangkan, praktekkan, cari tahu jalan mana yang paling nyaman.

Langkah 8. Cara Mudah Sketsa Pohon
Langkah 8. Cara Mudah Sketsa Pohon

Pada akhirnya, saya berharap Anda bergembira menemukan hal-hal baru dalam menggambar! Terima kasih telah mampir di sini. Silakan menikmati sajian segar yang lainnya :

Juga tutorial super mudah menggambar pemandangan alam lainnya. Terimakasih atas kunjungan Anda.

Pos terkait