Cara Mudah Menuntun Anak Usia Dini Mengenal perbedaan banyak-sedikit.

Pembaca yang berbahagia, membimbing kecerdasan anak sejak usia dini sangat bermanfaat untuk tumbuh kembangnya daya logika anak. Namun membuat materi untuk membimbing kecerdasan anak yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini tidaklah mudah, bila salah memilih materi malah bisa menjadi kontra produktif. 
Materi yang kami susun ini semaksimal mungkin berdasarkan psikologi perkembangan anak, dimana pengemasan materi pembelajaran harus dalam suasaa bermain. Gambar yang kami pilihpun adalah gambar benda-benda yang sudah dikenal anak dalam kehidupan sehari-hari, misalnya pada materi ini gambar asam, lombok dan permen.
Media pembelajaran yang kami susun ini sesuai kurikulum PAUD atau TK dengan karakteristik sebagai berikut :
  • Tema        : Diri sendiri
  • Sub Tema : Mengenal perbedaan kasar-halus, berat-ringan, panjang-pendek, jauh-dekat,                          banyak-sedikit, sama-tidak sama, tebal-tipis.
  • Kegiatan  : Memberi tanda (B) pada konsep bilangan yang jumlahnya banyak dan tanda (S)                      pada konsep bilangan yang jumlahnya sedikit.
Lembar kerja Cara Mudah Menuntun Anak  Usia Dini Mengenal perbedaan banyak-sedikit berupa gambar-gambar yang mudah difahami.
Gambar media mencerdaskan anak dengan mengenal perbedaan banyak-sedikit

Lewat media gambar di atas, anak akan dibimbing logikanya untuk mengenal perbedaan banyak sedikit dengan cara mengisi tanda (B) di kotak yang telah disediakan pada gambar benda yang jumlahnya banyak dan tanda (S) pada gambar benda yang  jumlahnya sedikit, Konsep pembelajaran yang kami sajikan ini sesuai dengan karakter anak usia dini dimana maereka sangat suka dengan gambar-gambar, jadi sangat sesuai dengan kurikulum PAUD.
Selain memberi tanda (B) dan (S), dianjurkan juga untuk mewarnai gambar tersebut sehingga pembelajaran yang menyeluruh akan tercapai dengan suasana yang menyenangkan. Maksud pembelajaran menyeluruh adalah selain menumbuhkan kecerdasan logika atau kognitif (otak kiri)  juga akan mengembangkan kreatifitas dan jiwa seni (otak kanan) dengan aktivitas mewarnai.
Dalam mewarnai dianjurkan juga untuk memberi warna yang berbeda antara gambar yang jumlahnya banyak dan gambar yang jumlahnya sedikit, sehingga kecerdasan kognitif anak benar-benar terbimbing dengan sistematis.
Semoga sajian media pembelajaran anak usia dini ini bisa memberi inspirasi pada kita untuk membimbing kecerdasan anak kita dengan cara yang tepat sesuai dengan psikologi anak usia dini.
Selamat menikmati sajian cerdas media pembelajaran anak usia dini kami yang lainnya.
Terimakasih atas kunjungan Anda.

Pos terkait