Cara Mudah Menggambar motif Bali :Kakul dan Ceracap

Sobat pembaca yang berbahagia, alasan yang mendorong kami membuat beberapa contoh teknik menggambar  motif ukiran Bali oleh karena kami tahu, bahwa banyak diantara tunas muda, murid sekolah maupun orang dewasa yang ingin mengetahui bagaimana menggambar motif ukiran Bali.
Oleh karena itiu kami berusaha mengumpulkan beberapa contoh motif ukiran Bali yang tidak banyak diketahui  oleh masayarakat.
Artikel ini kami susun dengan maksud sebagai pengembangan minat dan bakat dan sebagai sarana untuk memudahkan menggali inspirasi Anda.
Okelah sobat, mari kita mulai saja,
Motif Kakul
Motif Kakul termasuk motif ukiran Bali yang cukup sederhana, kami yakin Anda akan mudah menirunya dengan sekali pandang saja. Motif kakul ada 2 jenis, yaitu motif kakul gelungnya berpusat di tengah, dan motif kakul yang gelungnya agak ke pinggir, sebagaimana gambar di bawah ini,
Menggambar motif Bali jenis kakul gelung di tengah
Motif Kakul model 1, Gelung di tengah

Menggambar motif Bali jenis kakul gelung di pinggir
Motif Kakul model 2, Gelung agak di pinggir
Cukup mudah bukan, silakan Anda mencobanya, tidak usah ragu dalam latihan menggambar motif ukiran Bali atau motif yang lainnya, jika lingkaran belum nampak bundar tidak mengapa, dengan latihan yang sabar, tangan dan imajinasi kita akan terkoordinasi dengan baik dan akan mudah membuatnya.
Motif ceracap
Motif ukiran bali model ceracap ini juga sangat mudah ditiru, Anda tentu sangat menikmati panduan gambar di bawah ini ;

1. Buatlah dua garis horisontal sejajar, jarak antar garis sepantasnya saja, berilah tanda berupa titik-titik sperti gambar 1.

Sketsa motif bali model ceracap
Gambar 1, Sketsa motif  Bali model Ceracap
Dua garis Horisontal sejajar dengan tinggi sepantasnya yang ditandai dengan titik.

2. Hubungkanlah titik-titik penanda dengan pensil sehingga membentuk garis zigzag seperti gambar 2 . Dianjurkan tidak memakai penggaris untuk melatih kelincahan tangan ktia.

Sketsa motif bali model ceracap
Gambar 2, Sketsa motif  Bali model Ceracap
Titik-titik penanda dihubungkan denngan pensil. tipis saja

3. Buat lengkungan kecil-kecil pada garis zigzag sebagaimana gambar 3.
Motif Bali model Ceracap
Gambar 3. Hasil akhir Motif  ukiran Bali model Ceracap


Nah, jadilah motif ukiran Bali model Ceracap, sangat  mudah bukan,,,. Semoga artikel singkat ini menambah referensi dan inspirasi sobat pembaca. Selamat menikmati suguhan artistik kami yang lainnya,

Terimakasih atas kunjungan Anda.

Pos terkait