Cara Mudah Menggambar Motif Bali : Bungan Tuwung

Kawan-kawanku semua yang berbahagia, mari kita gali kekayaan intelektual warisan budaya nenek moyang kita yang adi luhur, diantaranya aneka motif artistik yang membuat kita bangsa Indonesia bahkan seluruh dunia berdecak kagum. Kali ini kami akan membedah motif ukiran Bali model Bungan Tuwung, siapa nama pembuatnya, sampai saat ini kami belum bisa menelusuri sebagaimana motif-motif daerah lain di Nusantara  ini. Semoga karya kami yang sederhana ini bisa memberikan inspirasi kepada kawan-kawanku pembaca semua.
Saat membuat sketsa motif, kita jangan terkecoh dengan kerumitan gambarnya sebagaimana nampak di bawah ini,
Gambar Motif ukiran bali model bungn tuwung
Motif ukiran Bali model Bungan Tuwung
Sebenarnya dibalik kerumitan gambar tersebut bisa kita bedah dan sederhanakan menjadi hal yang mudah jika kita mau sedikit merenung untuk mengurai kerumitannya menjadi langkah-langkah yang sederhana untuk membuatnya. Motif ini sangat artistik jika digunakan untuk motif batu paras Bali, pintu ukir Bali atau ukiran kayu.
Dengan mengikuti panduan kami, Anda akan segera bisa membuat motif  ukiran Bali model Bungan Tuwung yang nampak rumit tersebut dengan mudahnya. Mari segera kita nikmati, harap rileks saja kawan, tidak usah tegang biar awet muda….
1. Buat kotak dengan besar sepantasnya (gambar 1), dari tiap sudut kotak tarik garis putus-putus menjadi garis bersilang, buat lingkaran di tengah kotak dengan besar sepantasnya. 
Sketsa awal Motif Blali : Bungan Tuwung
Gambar 1. Sketsa awal motif ukiran  Bali model Bungan Tuwung
2. Membentuk sketsa di atas menjadi detail motif  seperti gambar 2 di bawah ini,
Sketsa lanjutan Motif Blali : Bungan Tuwung
Gambar 2. Membentuk detail motif 
3. Sempurnakan detail motif sebagaimana gambar 3 di bawah ini,

Menyempurnakan sketsa detail motif bali model bungn tuwung
Gambar 3. Menyempurnakan sketsa detail motif
Nah kawan, motif  ukiran Bali model Bungan Tuwung sudah jadi,  nampak begitu artistik bukan… Sangat menawan dengan harga jutaan jika diaplikasikan pada pintu ukir Bali, batu paras Bali atau ukiran kayu. Ternyata membuatnya juga sangat sederhana ya…
Silakan mencoba berulang kali agar tangan kita menjadi lincah gemulai. Selamat meniknati sajian artistik kami yang lainnya, 

Terimakasih atas kunjugan Anda.

Pos terkait