Cara Menuntun anak PAUD : Mengungkapkan asal mula terjadinya sesuatu

Pembaca yang berbahagia, merangsang kecerdasan anak sejak usia dini sangatlah penting untuk tumbuh kembangnya daya  pikir anak dengan maksimal. Tetapi mengemas materi pembelajaran anak usia dini tidaklah mudah, harus memperhatikan berbagai aspek antara lain harus memahami karakteristik anak usia dini, teri belajar yang tepat, perkembangan anak usia dini dan sebagainya.
Sajian pembelajaran ini kami usahakan sesuai dengan teori belajar dan karakteristik anak usia dini, dimana sifat pembelajaran harus simpel, sederhana, mudah dicerna namun sistematis.
Jika ditinjau dari kurikulum PAUD atau TK, pembelajaran kami ini dikategorikan sebagai berikut :
  • Tema            : Diri sendiri
  • Sub Tema    : Kesukaan (misalnya : makanan, warna, permainan, kegiatan)
  • Kognitig 11  : Mengungkapkan asal mula terjadinya sesuatu
  • Kegiatan     : Menarik garis sesuai asal mulanya
Cara Menuntun anak PAUD : Mengungkapkan asal mula terjadinya sesuatu dengan gambar yang mudah difahami anak usia dini.
Media pembelajaran anak usai dini : Mengungkapkan asal mula terjadinya sesuatu

Kegiatan di atas, akan menstimulus kecerdasan kognitif anak secara sistematis, dengan model pembelajaran PAUD yang sederhana, mudah difahami oleh anak usia dini. 
Sebelum memberikan kegiatan, pendidik harus menerangkan masing-masing gambar dengan bahasa yang sesuai dengan karakter anak usia dini agar mudah difahami. Kreatifitas pendidik sangat menentukan keberhasilan pembelajaran  ini. Pengetahuan tentang psikologi anak usia dini, fase perkekmbangan anak, teori pembelajaran merupakan bekal utama bagi pendidik anak usia dini.
Semoga sajian yang sederhana ini, bisa memberikan  inspirasi bagi pembaca dalam mengemas metode pembelajaran PAUD yang kreatif, simpel namun sitematis sesuai dengan karakteristik anak usia dini.
Silakan menikmati sajian kreatif kami yang lainnya,
Terimakasih atas kunjungan Anda.

Pos terkait