Cara Mengajar Pelajaran Menggambar untuk SD Kelas 6

Pelajaran menggambar perspektif. Perbandingan jarak antara dua benda yang berbeda letaknya, mengakibatkan perbedaan besar kecil atau tinggi rendahnya benda tersebut, sudah boleh mulai diajarkan di SD kelas 6. Pelajaran ini adalah dasar-dasar dari pada ilmu perspektif yang disederhanakan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan murid yang duduk di SD kelas 6.
Petunjuk diberikan oleh contoh gambar 1 di bawah ini. A adalah garis horizon atau batas pemandangan, B tanah, C langit, D titik mata, dan E garis mata. Dengan berpedoman pada gambar 1 ini, murid-murid dapat membuat perbandingan jarak yang betul dalam ukuran dua benda atau lebih yang sama tinggi atau besarnya tetapi berbeda jaraknya dari yang melihat. Berdasarkan gambar tersebut dapat pula dibuat variasi-variasi lain. Dan pelajaran ini dapat dicobakan pada pelajaran melukis alam benda atau melukis alam di luar kelas secara sederhana.

Tehnik Sketsa gambar tiga dimensi sebagai salah satu materi pelajaran menggambar untuk SD kelas 6.
Gambar 1
Petunjuk untuk menggambar alam dan alam benda.  Latihlah murid-murid mempergunakan cara menurut petunjuk ini.
Jika gambar 1 memperlihatkan pelaksanaan dan peningkatan teknis mengenai jarak dan bentuk, maka contoh gambar 2di bawah ini memberikan tuntunan menggambar bentuk-bentuk yang kena cahaya dan menimbulkan bagian-bagian yang gelap serta bayang-bayang.

Tehnik mudah menggambar benda 3 dimensi
Gambar 2
Untuk menggambar alam benda, dengan contoh ini murid-murid dapat dibimbing. Jadi bukannya harus menjiplak contoh ini

Anda bisa mengembangkan sendiri materi pelajaran menggambar di SD kelas 6 ini sesuai dengan situasi dan kondisi atau tingkat kemampuan  penyerapan anak. Materi pelajaran menggambar di kelas 5 sebaiknya juga masih diberikan bahkan dikembangkan sesuai dengan kemampuan daya kreasi Anda.

Kemampuan menggambar atau melukis akan meningkat pesat tanpa terasa dan akan sangat berpengaruh pada kemampuan penyelesaian masalah di dunia kerja kelak setelah mereka dewasa jika murid-murid selalu berlartih dengan suasana riang gembira juga termasuk ketrampilan mencampur warna.

Semoga tulisan singkat ini bisa memberi manfaat pada sobar pembaca, silakan  menikmati sajian-sajian ilmiah kami selanjutnya. Terimakasih atas kunjungan Anda.

Pos terkait