Cara Membimbing Anak Usia Dini Menyusun Benda

Pembaca yang berbahagia, memberikan stimulus pada anak sejak dini sangat diperlukan untuk tumbuhkembangnya kecerdasan anak secara optimal. Masa golden age / usia emas (umur 0 – 6 tahun) adalah masa yang sangat penting untuk tumbuhkembangnya segala kecerdasan anak. Oleh karena itu jangan lewatkan masa berharga ini.
Dengan memberikan pembelajaran awal yang tepat sesuai dengan karakter anak usia dini maka kecerdasan anak akan tumbuh dengan maksimal. Mencari metode pembelajaran yang tepat bagi anak bukanlah hal yang mudah, harus mempertimbangkan segala aspek perkembangan anak usia dini, terutama mengetahui ilmu psikologi anak usia dini.
Jika kita salah mengemas materi pembelajaran pada anak usia dini hasilnya akan jadi kontra produktif atau bisa menghambat perkembangan kecerdasan anak selanjutnya.
Mataeri yang kami sajikan ini sesuai dengan teori belajar dan karakteristik anak usia dini, akan memberi stimulus kecerdasan anak dengan konsep yang simpel dang ringan. Dengan kegiatan ini anak akan dilatih berpikir sistematis dan berurutan.
Sajian pembelajaran kami  ini termasuk dalam kurikulum PAUD dengan kategori :
  • Tema        : Diri sendiri
  • Sub Tema : Kesukaan (misalnya : makanan, warna, permainan, kegiatan)
  • Kognitif 8  : Menyusun benda dari besar ke kecil atau sebaliknya
  • Kegiatan   : Mengurutkan gambar buah-buahan dari yang kecil sampai yang paling besar dan                         memberi warna.

Lembar Kerja Cara Membimbing Anak Usia Dini Menyusun Benda dengan gambar-gambar buah yang disukai anak usia dini.
Media mencerdaskan anak dengan menyusun gambar buah dari kecil ke besar
Dianjurkan agar pendidik atau orang tua ikut terlibat pada kegiatan ini sehingga anak makin termotivasi. Berilah penjelasan pada masing-masing buah dengan bahasa yang mudah difahami oeh anak. Jika dalam mengurutkan gambar tersebut anak belum bisa menulis angka pada lingkaran yang disediakan, bisa dengan menunjuk gambarnya saja.
Dianjurkan juga untuk mewarnai gambar tersebut sehingga tercapai pembelajaran yang seimbang antara otak kiri (berhubungan dengan segala sesuatu  yang sistematis, berurutan) dan otak kanan (berhubungan dengan imajinasi, kreatifitas dan jiwa seni). Untuk latihan mewarnai, silakan menikmati sajian-sajian kami yang ini.
Semoga konsep kami yang sederhana ini menggugah inspirasi sobat pembaca dalam mengemas sajian pembelajaran anak usia dini dengan metode yang tepat sesuai dengan karakteristik anak usia dini.
Selamat menikmati hidangan pintar kami yang lainnya,
Terimakasih atas kunjungan Anda.

Pos terkait