Biografi Kusnadi dan Lukisannya.

Kusnadi lahir di Kaliangkrik, Magelang, Jawa Tengah, 1 April 1921. Kusnadi termasuk salah seorang pelukis yang menerima pelatihan teknik seni dalam menggambar yang disponsori pemerintah kolonial Jepang melalui Keimin Bunka Shidoso. Selama masa ini ia dipandu oleh seniman Indonesia Basoeki Abdullah (1915-1993). Pada tahun 1946, Kusnadi pindah ke Yogyakarta, sebentar ke Solo sebagai pegawai dari Kantor Berita Film Indonesia (BFI, 1946-1947). Ia dan Luke Abdulrachman mengedit penerbitan bulanan BFI di jurnal Indonesia di Solo. Pada tahun 1947 Kusnadi menjadi bagian dari kelompok Pelukis Rakyat dan menjadi anggotanya sampai tahun 1950. Tahun-tahun berikutnya, Kusnadi mengajar di Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI) di Yogyakarta. Ia adalah guru estetika di ASRI sejak pendirian akademi itu pada 1950.
Potret Kusnadi
Potret Kusnadi
Kusnadi dikenal sebagai penulis kritik seni generasi awal Indonesia. Ia merupakan staf editorial jurnal Budaya sejak 1952, dan menjadi editor utamanya sejak 1955. Banyak menerima penghargaan sebagai seorang kritikus seni, di antaranya yaitu: Foreign Leader dan Spesialist Grand Price dari Amerika Serikat pada tahun 1963, Lempad Prize dan ASEAN Award pada tahun 1987, serta penghargaan Anugerah Seni pada tahun 1977. Kusnadi pernah bekerja di bagian seni rupa dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Tulisan mengenai Kusnadi dan kumpulan tulisan serta karya-karyanya diterbitkan dengan judul: ‘Kusnadi: Kritikus, Seniman, Pendidik’ (1996). Kusnadi meninggal dunia di Jakarta pada tanggal 21 April 1997.
Berikut kami tampilkan Lukisan Karya Kusnadi :
Lukisan Karya Kusnadi dengan Judul Anak di Sentulrejo
Lukisan Karya Kusnadi dengan Judul Anak di Sentulrejo

Lukisan Karya Kusnadi dengan Judul Ayah
Lukisan Karya Kusnadi dengan Judul Ayah

Lukisan Karya Kusnadi dengan Judul Model Tarmizi
Lukisan Karya Kusnadi dengan Judul Model Tarmizi

Demikian Biografi Kusnadi dan Lukisannya ini, semoga menambah semangat kita berkarya dengan cerdas. Terimakasih atas kunjungan Anda.

Pos terkait