Belajar Menggambar SD Kelas 5

Sobat cengkir yang berbahagia, belajar menggambar pada SD kelas 5, tehnik menggambar orang sudah boleh diberikan. Gambar 1 menuntun kita cara-cara yang mudah untuk membuat muka orang dan seluruh tubuh.

Cara Menggambar wajah dan menggambar seluruh tubuh yang sebagai salah satu materi pelajaran menggambar untuk SD kelas 5.
Gambar 1
Perhatikan bagaimana caranya menggambar muka orang dan menggambar seluruh tubuh

Di kelas 5 ini dalam pelajaran menggambar orang belumlah perlu ditekankan pada bagian-bagian yang kecil. Yang penting adalah secara umum saja lebih dulu. Yakni bagian-bagian yang penting dan pokok yang dapat menunjukkan bahwa gambar itu adalah gambar orang, laki-laki atau perempuan, anak-anak atau orangtua. Lihatlah contoh gambar 2.  Gambar di bawah memperlihatkan kesederhanaan bentuk dam bagian-bagian,  juga memperlihatkan gerak.  Seperti orang berlari, orang berolahraga, bekerja di kebun dan lain sebagainya. Gerakan-gerakan yang hidup amatlah penting dalam menggambar orang.

Cara Menggambar wajah anak-anak dan menggambar variasi sikap gerak sebagai salah satu materi pelajaran menggambar untuk SD kelas 5.
Gambar 2
Menggambar  muka anak-anak dan menggambar beberapa sikap gerak

Dalam melanjutkan pelajaran di kelas 5 ini,  menggambar binatang-binatang harus diperluas pula. Cara yang digambarkan oleh contoh  Gambar 3 membuka kemungkinan anak-anak mengembangkan daya kreasinya untuk menggambar hewan-hewan yang lain pula.
Cara mudah menggambar hewan sebagai salah satu materi palajaran menggambar untuk SD kelas 5.
Gambar 3
Lanjutan cara-cara menggambar hewan. Hendaknya para guru dapat memberikan kepada murid-murid agar dari dasar  ini dapat membuat pula hewan-hewan lainnya
Sudah barang tentu pengkombinasian antara Gambar 1 dengan Gambar 2 dan Gambar 3 akan sangat menarik.  Hal ini dapat dilihat dengan contoh Gambar 4 di bawah ini :

Teknik Mengkombinasikan gambar dengan mudah sebagai salah satu materi palajaran menggambar untuk SD kelas 5.
Gambar 4
Kombinasi dari pelajaran yang lalu.  Contoh inipun hanya sekedar untuk membangkitkan atau merangsang agar timbul ide dari murid-murid. Bukannya untuk ditiru dan dijiplak
Jika anak-anak sudah menguasai cara menurut petunjuk Gambar 1, 2, dan 3, tugas-tugas yang dikerjakan dirumah akan lebih berhasil dan memuaskan. Hasil dari pada pelajaran ini sudah dapat menolong atau dipertautkan dengan pelajara lain, seperti memberi ilustrasi pada pelajaran mengarang, pelajaran sejarah ilmu hayat dan lain-lain.

Tuntunan mencampur warna serta kombinasi yang baik sudah boleh diberikan secara terperinci. Hal ini perlu untuk menghadapi pelajaran di kelas 5 ini sendiri dan pelajaran di kelas 6.  Lihar gambar 4.  

Bagan mencampur warna dengan cat air sebagai salah satu materi pelajaran menggambar untuk SD kelas 5.
Gambar 4
Bagan mencampur warna. Untuk mencampur warna menggunakan cat air

Pada gambar tersebut dapat dilihat cara-cara mencampur warna.  Dari tiga macam warna, yakni merah, kuning dan biru, dapat dibuat bermacam-macam warna lain.

Adapun warna hitam dan putih adalah warna tersendiri, tidak dapat dibuat.  Hanya dapat dicampur dari kedua warna tersebut hingga menjadi warna abu-abu.

Untuk menyalin gambar seperti gambar peta atau gambar lainnya yang perlu sama besar atau dibesarkan dengan perbandingan (2 x gambar aslinya atau lebih) ajarkanlah anak -anak mempergunakan garis skala. Cara mengerjakannya dapat dilihat contoh Gambar 5 di bawah ini :

Tehnik menyalin gambar dengan skala sebagai salah satu materi pelajaran menggambar untuk SD kelas 5.
Gambar 5
Cara menggambar menggunakan skala, untuk menyalin gambar. Bagi sekolah sekolah yang belum lengkap alat-alat peraga, seperti gambar-gambar  peta pelajaran ini dapat membantu murid-murid membuat gambar peta yang besar, atau pelajaran ilmu hayat dan lain-lain

Teknik menggambar seperti yang diberikan oleh contoh gambar 5 ini, membuka kemungkinan  untuk menyalin gambar-gambar lain ataupun rencana murid-murid sendiri yang pada mulanya dibuat dalam bentuk kecil saja, kemudian dibuat dalam ukuran lebih besar.  Baik bentuk, maupun warnanya, dengan memakai teknik ini bagi murid-murid akan mudah menyalin gambar yang dikehendakinya.
Sobat cengkir, di kelas 5 ini penggunaan alat-alat seperti mistar, segitiga dan jangka sudah harus diajarkan. Hal ini perlu untuk dipergunakan dalam menggambar hias (ornamen). Akan tetapi belumlah diperlukan memakai pena tarik atau pena jangka. Cukuplah dipergunakan pensil saja.

Petunjuk membuat gambar hias denga sketsa yang mudah sebagai salah satu materi pelajaran menggambar untuk SD kelas 5.
Gambar 6
Petunjuk membuat gambar hias. Dari contoh-contoh ini guru dapat membimbing murid-murid untuk menemukan bentuk-bentuk baru yang dimungkinkan oleh bulatan yang dibuat dengan jangka
Sobat cengkir, materi-mataeri di atas hanya sebagai gambaran secara global saja, sobat bisa mengembangkan sendiri dengan materi-materi yang lain untuk  membangkitkan daya kreasi anak agar lebih optimal, misal dengan menggambar aneka sunset setelah anak-anak menguasai ketrampilan mencampur warna.
Dianjurkan untuk meluangkan waktu mengulang materi  pelajaran menggambar kala kelas 4 agar ketrampilan menggambar yang telah dipelajari siswa tidak lupa.
Semoga artikel cengkir yang sederhana ini bisa memberikan inspirasi pada sobat semua, selamat menikmati sajian cengkir selanjutnya. Terimakasih atas kunjungan Anda.

Pos terkait