Belajar Menggambar SD Kelas 4

Belajar menggambar di SD kelas 4, murid-murid telah diberi pelajaran menggambar dengan bantuan teknik. Yaitu cara yang praktis untuk membuat gambar sesuatu.
Di kelas 4 ketrampilan murid-murid sudah memungkinkan untuk diberikan pelajaran menggambar dan mempergunakan teknik yang praktis. Dan tentulah murid-murid harus mempergunakan buku gambar yang seragam ukurannya. Gunanya seperti juga diterangkan dalam pelajaran di kelas 3, akan memudahkan juga bagi guru untuk membimbing murid-murid.
Pada waktu permulaan ini, ambillah motif-motif yang ada di sekitar anak-anak. Yaitu bendabenda yang terdapat dalam lingkungan kehidupan sehari-hari menurut suasana setempat.
Sebelum sampai kepada menggambar bentuk-bentuk, yang perlu diadakan latihan lebih dulu adalah membuat garis-garis yang tegak lurus kemudian latihan membuat garisgaris rebah, garis bersilang.  Hindarkanlah pemakaian mistar.  Garis harus langsung dibuat tanpa bantuan mistar. Kemudian setelah diadakan beberapa kali latihan barulah murid-murid mulai menghubungkan garis tersebut hingga menjadi bentuk, yakni bentuk-bentuk persegi.  Perhatikanlah contoh gambar 16, 17, 18 dan 19

Belajar menarik garis lurus sebagai salah satu materi pelajaran menggambar untuk SD kelas 4.
Gambar 16
Latihan menarik garis-garis yang lurus yang amat penting dalam hubungannya dengan menggambar bentuk
Menggambar bentuk sederhana dari hasil belajar menarik garis lurus sebagai salah satu materi pelajaran menggambar untuk SD kelas 4.
Gambar 17
Peningkatan gambar 16.  Tetapi  jagalah agar murid-murid  jangan hanya menjiplak saja dari pada contoh-contoh ini.   Usahakanlah supaya mereka berinisiatif sendiri

Menggambar berbagai bentuk obyek dari hasil peningkatan belajar menggambar bentuk sederhana sebagai salah satu materi pelajaran menggambar untuk SD kelas 4.
Gambar 18
Peningkatan latihan dari pada gambar 16 dan 17
Menggambar berbagai bentuk obyek lainnya sesuai ide anak sebagai salah satu materi pelajaran menggambar untuk SD kelas 4.
Gambar 19
Sekedar  contoh  yang  dapat  menimbulkan ide-ide baru pada murid-murid untuk membuat bentuk-bentuk lain sesuai dengan pelajaran ini
Kelanjutan pelajaran ini ialah mengkombinasikan garis-garis lurus dengan garis-garis lengkung.  Perhatikan contoh gambar 20 dan gambar 21.

Mengkombinasikan garis-garis lurus dan garis lengkung menjadi obyek sederhana sebagai salah satu materi pelajaran menggambar untuk SD kelas 4.
Gambar 20
Mengkombinasikan garis-garis lurus dan garis lengkung, sebagai bahan untuk dasar latihan
Contoh gambar dari Pengembangan daya fantasi anak sebagai salah satu materi pelajaran menggambar untuk SD kelas 4.
Gambar 21
Dengan contoh ini murid-murid lebih dapat menggambarkan daya fantasinya.

Pada caturwulan ke-2, sudah dapat dimulai mempergunakan teknik untuk lebih memudahkan anak-anak membuat bentuk-bentuk yang diinginkannya. Dan penggunaan mistar tetap tidak diperbolehkan.

Kita mulai saja dengan bentuk-bentuk lurus seperti meja, kursi, lemari, rumah dan lain-lain. Untuk mencari jarak sama tengah, berilah contoh dengan membuat garis diagonal. Demikian pula untuk meningkat kepada menggambar bentuk bundar, berikanlah contoh dengan membuat bentuk persegi yang sama sisi. Maka cara ini akan menghindarkan pemakaian mistar, segi tiga maupun jangka.  Lihatlah contoh gambar 22.

Latihan sketsa untuk menggambar berbagai bentuk obyek sebagai salah satu materi pelajaran menggambar untuk SD kelas 4.
Gambar 22
Teknik menggambar bentuk-bentuk benda agar lebih mudah membuatnya. Latihan ini membuka kemungkinan untuk membuat bentuk-bentuk lain. Tetapi hindarkanlah  pemakaian mistar.
Jika murid-murid telah memahami car-cara ini, suruhlah mereka menggambar menurut keinginannya masing-masing dengan cara trsebut SA boleh menggambar bangku, si B boleh menggambar radio, si C menggambar rumah dan sebagainya.

Sebagai lanjutan, setelah beberapa kali dikombinasikan dengan garis-garis lurus, kemudian dikombinasikan dengan garis-garis bengkok atau lengkung.  Bidangbidang sudah boleh diisi dengan garis-garis dimana perlu dan dilakukan oleh seluruh kelas. Lihat contoh gambar 23. Sebagai variasi murid-murid disuruh membuat ide mereka sendiri serta memulas bidang-bidang dengan warna hitam putih (dengan pensil).

Pelajaran ini dilanjutkan dengan pelajaran menggambar bentuk-bentuk bundar, seperti roda, arloji, bola dan lain-lain. Bentuk-bentuk bundar ini dikombinasikan dengan bentuk-bentuk lurus dan lengkung dalam pelajaran yang lalu.  Lihat contoh gambar 24.

Lanjutan Latihan sketsa untuk menggambar berbagai bentuk obyek sebagai salah satu materi pelajaran menggambar untuk SD kelas 4.
Gambar 23
Teknik mengkonbinasikan garis lurus dan lengkung untuk mendapatkan bentuk.
Latihan cara membuat bulatan tanpa jangka untuk menghasilkan berbagai bentuk obyek sebagai salah satu materi pelajaran menggambar untuk SD kelas 4.
Gambar 24
Cara membuat bulatan tanpa jangka.  Dan pengkombinasian dengan garis lurus dan garis lengkung
Gambar 25 memberikan tuntunan cara menggambar unggas. Cara-cara menggambar ayam dapat dipakai oleh anak-anak untuk menggambar bebek, angsa atau burung-burung lainnya

Berbagai cara menggambar unggas dengan sketsa sederhana sebagai salah satu materi pelajaran menggambar untuk SD kelas 4.
Gambar 25
Bagaimana caranya menggambar unggas dan menggambar kucing serta monyet. Dimaksudkan supaya teknik ini dapat pula dipergunakan untuk membuat gambar  binatang-binatang lain yang hampir serupa bentuknya

ULANGAN
Pada tiap-tiap akhir caturwulan, dapat diadakan ulangan akhir sakedar peninjauan umum pada kemajuan yang diperoleh murid. Untuk mendapat gambaran tentang pengertian murid akan teknik atau cara-cara yang telah diajarkan. Disamping itu tentulah hasil pekerjaan selama satu Caturwulan bersangkutan harus menjadi dasar penilaian pula.
Untuk ulangan di kelas 4, contoh gambar 26 dapat dipakai sebagai pedoman pada ulangan untuk Caturwulan I. Gambar 27 untuk  Caturwulan II  dan Gambar 28  untuk Caturwulan III.
Contoh-contoh yang diberikan disini dimaksudkan untuk memudahkan para guru untuk membuat soal. Dan sifat ulangan dari pelajaran menggambar / melukis berbeda dengan ulangan mata pelajaran lainnya. Sifatnya tidak rahasia. Murid dapat bekerja dengan bebas serta tidak perlu membuat objek yang sama, asalkan prinsip soal yang harus sama. Umpamanya dengan mempergunakan cara bundaran-bundaran telur, tidak seluruh kelas harus membuat ayam. Boleh setiap anak memilih kesukaannya, untuk menggambar unggas apa dengan teknik demikian itu. Begitu pula dengan teknik lain-lainnya. Dan jangan dilupakan sebagai pegangan yaitu cara anak-anak mempergunakan teknik yang diajarkan, serta memperhatikan daya kreasi anak-anak dalam menjelmakan bentuk-bentuk sesuai dengan petunjuk.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi para sahabat guru seni rupa pada khususnya dan pembaca semua pada umumnya. Terimakasih atas kunjungan Anda.

Pos terkait