7 tips berwisata saat lebaran yang harus dilakukan

Tips berwisata saat lebaran – Lebaran adalah waktu yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama dengan keluarga. Khusunya bagi seseorang yang memiliki keluarga yang jauh dari rumah tempat tinggal atau sedang berada diperantauan. Untuk itu, lebaran merupakan saat yang tepat untuk melakukan wisata bersama keluarga yang jarang berkumpul sebelumnya.

Bagi anda yang ingin berwisata keluarga saat lebaran, anda harus mempertimbangkan segalanya mulai dari tempat tujuan wisata dan biaya wisata. Hal ini harus dilakukan karena melibatkan keluarga tentunya tidak sedikit orang yang akan mengikuti wisata tersebut.

Bacaan Lainnya

Berikut tips berwisata saat lebaran yang dapat anda lihat untuk persiapan wisata anda nanti bersama keluarga saat lebaran tiba;

Tips berwisata saat lebaran

1. Pilihlah Satu Obyek Wisata Saja

Untuk menentukan tempat wisata dengan keluarga, anda harus benar-benar mempertimbangkan situasi dan kondisi dari keluarga anda. Usahakan jangan memilih lokasi yang terlalu jauh dari tempat anda dan keluarga anda menginap atau tinggal.

Karena hal itu akan memakan banyak waktu bersama dengan keluarga anda. Selain itu, carilah satu objek wisata saja jangan lebih agar anda tidak menghabiskan waktu dijalan untuk kesana kemari.

Carilah satu objek wisata yang dapat membuat anda dan keluarga anda berkumpul dengan nyaman dan tidak cepat bosan dalam waktu seharian penuh. Carilah tempat wisata seperti; waterpark, kebun binatang, wisata pantai, wisata gunung, atau agrowisata.

2. Siapkan Anggaran Liburan

Hal terpenting yang tidak boleh terlupakan saat anda berlibur dan menikmati liburan anda yaitu uang. Berlibur dengan keluarga adalah hal yang menyenangkan dan tentunya aktifitas ini akan mengeluarkan biaya yang lumayan banyak.

Untuk itu sebelum lebaran tiba, jauh-jauh hari anda harus sudah menyiapakan dana yang dianggar khusus untuk liburan agar anda tidak terkendala biaya saat menikmati waktu bersama dengan keluarga tercinta.

Baca juga: 6 tips berwisata ke pantai yang wajib anda ketahui

3. Merencanakan Waktu Untuk Berwisata

Pemilihan waktu yang tepat untuk berwisata dengan keluarga sangat penting untuk dilakukan setelah menyiapkan anggaran dana. Karena berwisata saat lebaran pastinya akan sering menjumpai yang namanya kemacetan. Maka dari itu hari yang baik untuk melakukan wisata pada saat lebaran yaitu H+3 atau H+4 agar anda sekeluarga terhindar dari yang namanya kemacetan.

4. Gunakan Kendaraan Pribadi

Jika ingin liburan anda saat lebaran aman terkendali alangkah baiknya anda menggunakan kendaraan pribada agar dapat mengatur waktu dengan tepat.

Pada saat lebaran kendaraan umum tentunya sangat padat merayap sehingga nanti akan memakan waktu yang harusnya dihabiskan bersama keluarga.

5. Membawa Bekal dari Rumah

Seperti yang kita ketahui, tidak hanya harga makanan pokok, semua barang dan makanan lainnya akan melambung harganya pada saat lebaran tiba. Oleh karena itu, membawa bekal dari rumah adalah pilihan yang tepat, selain lebih hemat juga lebih sehat karena buatan sendiri.

Baca juga: 7 tips berwisata hemat namun menyenangkan

6. Membawa kamera

Dari sekian tips yang tidak boleh terlewatkan yaitu membawa kamera. Kenapa seperti itu? Mungkin dari anda ada yang bisa berkumpul dengan keluarga hanya 1 tahun sekali. Untuk itu mengabadikan momen yang membahagiakan sangatlah penting untuk anda yang jarang bertemu, khususnya bertemu dengan keluarga.

7. Membwa P3k

Tips berwisata saat lebaran yang terakhir adalah membawa p3k. bagi anda yang berwisata dengan anak-anak atau orang tua sebaiknya membawa persiapan obat-obatan untuk menjaga kenyamanan saat berwisata. Seperti obat masuk angin, minyak, dan lainnya.

Demikian 7 tips penting yang harus diketahui sebelum berwisata dengan keluarga saat lebaran.

Pos terkait