Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penafsiran Yang Berlebihan Terhadap Kata Biologi

Tulipedia.org - Berdasarkan KBBI, biologi adalah ilmu hayati. Artinya, biologi adalah ilmu mengenai kehidupan makhluk hidup, baik itu kehidupan antar makhluk hidup, seperti manusia dengan manusia, manusia dengan hewan, manusia dengan tumbuhan, serta interaksi antar manusia dengan lingkungannya.

Mengapa lingkungan? Karena pada dasarnya, makhluk hidup tinggal dan berkumpul di suatu lingkungan yang kemudian akan membentuk karakter beserta kebiasaan mereka.

Biologi juga tidak hanya mempelajari dalam konteks interaksi, melainkan membahas mengenai pola-pola perilaku, jawaban atas suatu hal yang terjadi pada makhluk hidup dan lingkungan, serta unsur-unsur pembentuk makhluk hidup, contohnya anatomi (cabang biologi yang mempelajari tentang susunan tubuh makhluk hidup; ilmu yang menggambarkan letak dan hubungan bagian-bagian tubuh makhluk hidup).

Penafsiran Yang Berlebihan Terhadap Kata Biologi

Definisi menurut Kamus Pintar Biologi

Berdasarkan Kamus Pintar Biologi, biologi yaitu ilmu yang mempelajari tentang segala sesuatu mengenai makhluk hidup. Segala sesuatu di sini adalah apa yang telah disebutkan sebelumnya.

Permasalahan di Masyarakat

Biologi memang kebanyakan dipelajari di bangku sekolah, terutama mengalami penekanan dan pendalaman lebih khusus di Sekolah Menengah Atas. Sementara basic-nya dipelajari di Sekolah Dasar dalam pelajaran yang bergabung dengan fisika dan kimia dasar pada Ilmu Pengetahuan Alam.

Biologi akan mendapatkan spesifikasi ketika sudah berada di bangku kuliah. Itu pun tergantung pada masyarakat yang masuk ke jurusan bersangkutan, terutama pada kedokteran.

Biologi sering kali dijadikan momok oleh masyarakat Indonesia. Mereka memiliki stigma bahwa biologi adalah ilmu yang hanya mempelajari struktur tubuh makhluk hidup. Contohnya mendalami bagaimana anatomi tubuh binatang laut, tumbuhan paku, bahkan manusia, seperti mempelajari organ jantung, paru-paru, dan reproduksi.

Baca juga: Adaptasi Morfologi pada Tumbuhan yang Hidup di Air

Persepsi yang Salah

Sebagian masyarakat menganggap bahwa biologi adalah salah satu pelajaran yang rumit. Tetapi tidak menuntut kemungkinan, golongan masyarakat yang lain merasa enjoy dengan pelajaran biologi. Kerumitan yang dialami saat menghadapi pelajaran biologi, kemudian membentuk suatu pandangan baru bagi masyarakat.

Biologi diartikan sebagai ilmu rumit yang mempelajari struktur-struktur makhluk hidup dengan istilah dan bahasa latinnya yang sulit dihafal. Apalagi jika sekolah tersebut bertaraf internasional, pastilah siswa-siswa akan semakin kesulitan, karena harus mempelajarinya dengan bahasa Inggris pula.

Padahal, biologi merupakan ilmu yang membahas mengenai kehidupan manusia dan berguna untuk menjawab alasan-alasan logis secara ilmiah mengenai problematika yang terjadi.

Misalnya, faktor apa yang menyebabkan seseorang sulit memperoleh keturunan, mengapa anak-anak membutuhkan asupan gizi yang lebih banyak daripada orang dewasa, dan apakah ciri-ciri dari masa pubertas. Semua pertanyaan itu dapat dijawab dengan biologi.

Baca juga: Burung Pitohui beracun dari Papua Nugini

Merubah Persepsi

Pandangan masyarakat yang menganggap biologi hanya dipenuhi dengan istilah rumit harus ditanggapi. Setidaknya melakukan suatu pencegahan agar generasi berikutnya tidak berpikiran demikian.

  1. Solusi ini tentu sangat ditekankan bagi guru-guru, karena merekalah salah satu faktor yang menyebabkan si anak menyukai biologi atau tidak. Pencegahannya adalah:
  2. Guru harus mengajarkan biologi dengan metode baru yang unik dan menyenangkan.
  3. Lebih komunikatif terhadap siswa, apalagi pada siswa yang tidak mengerti dengan materi tertentu.
  4. Penghafalan istilah-istilah latin dan biologi dilakukan dengan permainan yang fun, tetapi menantang.
  5. Di akhir materi, selalu berikan quiz berupa permainan.