Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menangkap Rezeki dengan Doa Sholat Dhuha, Tapi Tetap Harus Dicari

Tulipedia.org - Sholat adalah salah satu bentuk ibadah umat Islam. Selain sholat wajib, ada juga sholat sunnah, contohnya dhuha. Lalu, seperti apa doa sholat dhuha?

Doa Sholat Dhuha

Rezeki Harus Dicari

Seperti yang kita tahu, rezeki itu tidak turun begitu saja dari langit, tapi harus dicari. Bagaimana cara mencarinya? Iya dengan bekerja keras. Namun rezeki tak cukup dengan bekerja, tapi juga harus didukung dengan doa.

Semua urusan akan lancar jika dibarengi dengan doa dan atas kuasa-Nya. Oleh karena itu, giat bekerja itu bagus, tapi jangan sampai lupa dengan kewajiban kita untuk beribadah.

Bagi umat muslim, sholat 5 waktu adalah ibadah yang wajib. Maksudnya wajib adalah jika dikerjakan mendapat pahala dan jika tidak akan mendapat dosa. Sekali saja meninggalkan sholat, dosanya amat besar.

Dan memang benar, jika sholat 5 waktu dapat membuka jalan rezeki. Namun jika ingin mendapatkan rezeki yang lebih, ibadahnya juga harus lebih. Contohnya dengan menjalankan sholat sunnah.

Sholat sunnah itu beragam, salah satu contohnya adalah sholat dhuha. Sholat dhuha bisa dibilang sebagai salah satu ibadah yang manjur sebagai penarik rezeki atau pembuka rezeki.

Baca juga: Dinul Islam, Islam agama wahyu

Sholat Dhuha

Shalat dhuha merupakan ssholat sunnah yang dilakukan seorang muslim ketika waktu dhuha. Kapan waktu dhuha itu? Waktu dhuha dimulai ketika matahari naik kurang lebih 7 hasta sejak terbitnya (kira-kira jam 7 pagi). Batas waktu dhuha adalah sampai memasuki waktu dzuhur.

Apakah pelaksanaan sholat dhuha sama dengan shalat wajib? Jumlah rakaat sholat dhuha minimak 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat. Setiap 2 rakaat, sekali salam.

Hukum Sholat Dhuha

Sebelum mengenal lebih jauh sholat dhuha, kita harus tahu dulu hukumnya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa sholat dhuha merupakan salah satu jenis ibadah yang hukumnya sunnah.

Lalu, apa maksud hukum sunnah? Sunnah adalah apabila dikerjakan mendapatkan pahala, namun jika tidak dikerjakan tidak dosa. Jadi, kalaupun tidak dilakukan, tak masalah.

Jika sholat wajib lebih bagus dilakukan secara berjamaah, lain halnya dengan sholat dhuha. Sholat dhuha  pada dasarnya adalah sholat yang dikerjakan secara munfarid (sendiri).

Surah yang Disunahkan Saat Sholat Dhuha

Pada dasarnya bacaan yang dipakai dalam sholat dhuha itu bebas. Namun ada beberapa surah yang paling baik dibaca saat sholat dhuha. Di antaranya adalah surah Al-Waqiah, Surah Ad-dhuha, Surah Al-Kafirun, Surah Al-Ikhlas, Surah Asy-Syams, dan Surah Quraisy.

Namun di antara surah-surah tersebut, surah yang paling disunajkan saat melaksanakan sholat dhuha pada rakaat pertama adalah surah Asy-Syams. Kemudian pada rakaat kedua membaca surah Ad-Dhuha.

Jika jumlah rakaatnya lebih dari dua, setiap rakaat pertama disunahkan untuk membaca surah Al-Ikhlas. Sementara itu, setiap rakaat keduanya disunahkan untuk membaca surah Al-Ikhlas.

Doa Sholat Dhuha

Setiap beribadah, pasti memanjatkan doa, begitu pula halnya saat sholat dhuha. Dalam sholat dhuha juga ada doa yang dipanjaatkan.

Pada dasarnya dalam ketika selesai sholat dhuha boleh menggunakan doa apapun. Pernah ada nabi yang bahkan seusai sholaat dhuha beristigfar kemudian dilanjut dengan membaca doa lain, itu diperbolehkan.

Namun di antara banyak doa, doa yang paling sering digunakan selepas sholat dhuha adalah

“Allahumma innad dhuha-a dhuha-uka, wal baha-a baha-uka, wal jamala jamaluka, wal quwwata quwwaatuka, wal qudrota qudrotuka, wal ismata ismatuka. Allahumma in kana rizqi fis sama-I fa-anzilhu, wa in kana fil ardi fa akhrijhu, wa in kaana muassaroon fa yassirhu, wa in kana haroman fathohirhu, wa in kana baidan faqoribhu bihaqqi dhuha-ika, wa baha-ika, wa jamalika, wa quwwatika, wa qudrotika, atini atayta ibadakas solihin.

Manfaat Sholat Dhuha

Faedah atau manfaat dari sholat dhuha ini amat besar. Bagi siapa saja yang meluangkan waktunya untuk sholat dhuha, Allah akan melapangkan segala hal, terutama rezeki.

Selain itu, sholat dhuha juga bermanfaat bagi kesehatan. Apa manfaatnya? Berdasarkan penelitian, sholat dhuha ternyata mampu menguatkan otot beserta tendonya. Hal ini dikarenakan, gerakannya teratur, sehingga menguatkan sendi dan berefek luar biasa terhadap system kardiovaskular.

Disamping itu, sholat dhuha juga bermanfaat untuk mencegah stress dalam menjalani rutinitas sehari-hari. Hal ini dikarenakan, dengan sholat dhuha maka akan mengeluarkan zat endorphin dan enkafalin yang melenyapkan ketegangan.

Bahkan pahala sholat dhuha sama halnyaa dengan orang yang bersedekah setiap harinya. Jadi, kalau tidak mampu untuk bersedekah secara langsung, gantilah dengan sholat dhuha.

Manfaat lainnya, siapa saja yang melaksanakan sholat dhuha sebanyak 12 rakaat, Allah janjikan istana surga untuknya. Siapa coba yang menolak jika dibangunkan istana surga? Semua orang pasti mau.

Kemudian, bagi siapa saja yang melaksanakan sholat sunnah dua secara terus menerus, insya allah akan diampuni semua dosanya. Sekalipun dosanya melebihi luas lautan di bumi ini. Subhanallah.

Seperti yang kita ketahui, semua yang terjadi di dunia ini sudah digariskan oleh Yang Maha Kuasa. Meskipun begitu, bukan berarti kita hana pasrah dengan segala yang terjadi, melainkan harus berusaha untuk mendapatkan yang terbaik, misalnya dalam hal rezeki.

Rezeki sudah diatur oleh Allah swt. Jika memang rezeki yang diperoleh kurang mencukupi kebutuhan sehari-hari, mungkin ini pertanda Anda harus bekerja lebih giat lagi. Mungkin juga Anda rajin bekerja, namun lupa berdoa.

Baca juga: Islam agama tauhid

Ibadah Lainnya

Sebenarnya ada ibadah lainnya yang bisa kita lakukan untuk memudahkan segala hal, baik untuk urusan duniawi ataupun ukhrowi. Apa itu? Salah satunya adalah dengan sholat tahajud.

Iya, selain sholat dhuha, tahajud juga punya banyak manfaat. Namun secara garis besar, manfaat sholat tahajud adalah memudahkan segala urusan. Bahkan dalam sebuah hadist dinyatakan bahwa barang siapa yang menjalankan sholat tahajud, akan dikabulkan doanya.

Shalat tahajud merupakan salah satu ibadah sholat sunnah. Apabila dikerjakan mendapat pahala, dan bila ditinggalkan tidak mendapat dosa. Sholat tahajud hampir sama tata caranya dengan sholat dhuha.

Perbedaan sholat tahajud dan dhuha terletak pada niat, doa, dan waktunya. Jika sholat dhuha dikerjakan setelah terbit fajar antara jam 7 sampai dengan jam 9. Sementara sholat tahajud dikerjakan pada waktu tengah malam.

Pelaksanaannya yang tengah malam itu, yang membuat sholat tahajud besarfaedahnya. Bagaimana tidak, disaat yang lain sedang tidur lelap bahkan bermimpi, kita malah terbangun dan melaksanakan ibadah sholat tahajud

Sudah tahu kan, betapa melimpahnya manfaat sholat sunnah dhuha. Ingin mendapatkan manfaatnya? Yuk, biasakan sholat dhuha setiap hari, beribadah sekaligus nabung amal untuk akhirat nanti.

Jadi, rezeki itu bukan dinanti, tetapi dicari. Bagaimana cara mencarinya? Iya tentunya dengan bekerja keras. Kalaupun sudah bekerja keras tapi belum bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari, berdoalah kepada Allah.

Apapun masalahnya, apapun cobaannya, semua pasti ada jalannya. Dan sebaik-baiknya pemberi solusi adalah Allah swt. Jadi kalau ada masalah, meminta petunjuklah kepada Yang Maha Kuasa agar diberi kemudahan untuk melewati cobaan itu.

Demikianlah ulasan mengenai doa sholat tahajud dan faedahnya. Semoga ulasan yang disajikan bermanfaat bagi para pembaca.