Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Jus Buah dan Sayuran

Tulipedia.org - Jika ingin hidup sehat, perbanyaklah makan buah dan sayuran. Mengapa? Karena buah dan sayuran mengandung serat, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Nah, Salah satu olahan  buah dan sayuran tersebut bisa disajikan dalam bentuk jus. Jus buah dan sayuran bisa kita dapatkan di mana-mana. Di restoran, cafe, warung-warung penjual makanan, atau stand khusus yang bisa kita temui di pinggir jalan.

Tentu cara ini sangat efektif untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita akan serat. Serat  merupakan salah satu unsur pembentuk pola makanan sehat yang harus kita konsumsi setiap hari, yaitu yang biasa kita kenal dengan empat sehat lima sempurna.

Serat bisa kita peroleh dari buah dan sayuran. Serat kita perlukan agar proses di dalam tubuh dapat berjalan dengan sempurna. Jika kita tidak mengonsumsi serat dalam waktu yang lama, maka akan menyebabkan berbagai hal terjadi pada tubuh kita. Di antaranya konstipasi atau susah buang air besar. Bahkan, bisa juga menyebabkan wasir atau ambeien.

Jus Buah dan Sayuran

Solusi Mudah Mengkonsumsi Buah dan Sayuran

Namun, banyak orang kurang suka mengonsumsi buah dan sayuran. Mereka lebih menyukai masakan yang berbahan ikan dan daging karena memang lebih lezat dan nikmat.

Maka untuk orang-orang seperti ini, serat dapat kita olah menjadi jus buah dan sayuran dengan tambahan beberapa rasa yang membuat mereka menjadi lebih suka. Bisa juga diolah dalam bentuk masakan yang lain. Tidak harus dikonsumsi secara alami.

Baca juga: Jus Buah yang Nikmat dan Sehat perlu dikonsumsi

Menjaga Zat Gizi Tetap Utuh

Tetapi, pengolahan buah dan sayuran ini pun sebaiknya diperhatikan pula. Karena, di samping serat, buah dan sayuran juga mengandung mineral dan vitamin yang juga diperlukan oleh tubuh. Pengolahan yang tidak tepat akan menyebabkan zat-zat tersebut menjadi rusak.

Jus buah dan sayuran merupakan cara yang efektif untuk menjaga agar zat-zat yang terkandung di dalam buah dan sayuran tidak hilang atau rusak.

Membuat Awet Muda

Manfaat lain yang bisa kita dapat dengan mengonsumsi buah dan sayuran adalah dapat membuat kulit kita menjadi awet muda, karena kandungan vitamin E dan zat antioksidan didalamnya.

Banyak mengonsumsi buah dan sayuran membuat kulit tetap kencang dan elastis tanpa perlu mengonsumsinya dalam bentuk suplemen yang diproses secara tidak alami.