Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kiat Menulis Artikel dan berbagai bentuknya

Tulipedia.org - Artikel adalah salah satu bentuk tulisan yang penulisannya susah-susah gampang. Susahnya karena artikel merupakan fakta dan salah satu bentuk tulisan non fiksi, artinya Anda tidak bisa berkreasi dengan imajinasi yang jauh dari kenyataan. Mudahnya adalah banyak bentuk artikel yang bisa ditulis dan banyak Kiat Menulis Artikel yang bisa Anda coba.

Kiat Menulis Artikel

Berbagai Bentuk Artikel

Ada banyak bentuk artikel yang bisa Anda tulis, beberapa diantaranya adalah:

1. Biografi

Biografi adalah salah satu bentuk tulisan yang memuat perjalanan hidup seorang tokoh. Biografi dapat ditulis dalam berbagai bentuk baik itu berbentuk buku maupun artikel. Karena keterbatasan jumlah halaman suatu artikel, maka saat menulis artikel tentang biografi seorang tokoh, usahakan untuk menulis inti perjalanan hidup sang tokoh saja.

2. Sejarah

Sejarah perkembangan suatu alat, negara ataupun peristiwa juga bisa menjadi salah satu bentuk artikel. Salah satu kiat menulis artikel berbentuk sejarah adalah validitas dari informasi yang kita tuliskan.

Perlu diketahui bahwa sebelum menulis artikel sejarah, ada baiknya Anda melakukan cross check terlebih dahulu ke beberapa sumber yang dapat dipertanggungjawabkan. Jangan sampai artikel Anda membelokkan perjalanan sejarah yang sebenarnya.

3. Tips

Artikel yang cukup populer adalah berbentuk tips. Di dalam menulis artikel yang berisi tips, usahakan agar tips yang Anda tulis merupakan tips sederhana yang mudah diaplikasikan. Dengan demikian tips yang Anda berikan dalam suatu artikel akan dapat berguna secara maksimal demi perkembangan para pembaca.

4. Informasi

Artikel berbentuk informasi sangat berguna untuk membuka cakrawala pembacanya. Pastikan bahwa informasi yang Anda tulis adalah informasi dari suatu hal yang benar adanya. Jangan menulis suatu gosip yang tidak jelas asal usulnya.

5. Opini

Opini adalah artikel yang isinya tidak terikat apapun juga. Opini merupakan pendapat pribadi Anda tentang suatu hal tertentu. Walau demikian, artikel berbentuk opini ini sebaiknya memiliki dasar yang kuat. Dengan demikian, Anda bisa memberikan penjelasan yang masuk akal saat ada orang yang mempertanyakan opini Anda.

Baca juga: Cara upload mp3 di youtube

Kiat Menulis Artikel

Setelah Anda mengenal berbagai bentuk artikel, berikut ini adalah beberapa kiat menulis artikel yang bisa Anda terapkan:

  1. Pastikan kebenaran isi artikel. Karena artikel merupakan bentuk tulisan non fiksi, maka Anda harus memastikan dulu kebenaran isinya sebelum Anda terbitkan baik secara online maupun offline.
  2. Buatlah ciri khas artikel Anda. Supaya artikel Anda lebih menarik, berikan sentuhan yang berbeda dengan gaya tulis yang berbeda. Anda bisa menuliskan suatu hal dari sisi yang berbeda. Cara pandang yang berbeda akan membuat artikel Anda menjadi unik dan menarik.
  3. Menulislah sesuai bidang Anda. Tampaknya akan lebih bijak jika Anda menulis artikel sesuai dengan bidang yang Anda kuasai. Jika Anda seorang wiraswastawan, sungguh sulit menulis artikel tentang kedokteran, walaupun hal ini bisa Anda lakukan dengan mencari referensi dari berbagai sumber.
  4. Saat Anda menulis tentang apa yang Anda kuasai, artikel Anda akan lebih praktikal dan lebih mendekati kenyataan yang sebenarnya.
  5. Membaca sebelum menulis. Di dalam komputer, ada urutan yang harus dilalui, yaitu input – proses – output. Begitu pula halnya dengan menulis. Sebelum menghasilkan tulisan (output), Anda wajib mencari masukan (input) terlebih dahulu dengan membaca.

Dengan demikian, rangkaian kegiatan menulis artikel dapat berjalan sebagaimana mestinya. Walau demikian, input yang akan akan proses menjadi tulisan juga bisa dari sumber lain, seperti pengalaman Anda, apa yang Anda lihat, apa yang Anda dengar, dan lain sebagainya.

Demikianlah beberapa kiat menulis artikel yang bisa Anda terapkan. Semoga Anda bisa menghasilkan berbagai artikel yang berguna bagi pembaca. Selamat menulis.

Baca juga: Cara membuat saluran sendiri di youtube