Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cemburu menguras energi dan tips cara mengatasinya

Tulipedia.org - Pernahkah Anda mendengar sebuah lagu berjudul Cemburu Menguras Hati yang di bawakan oleh penyanyi pria solo Indonesia, Vidi Aldiano? Tentunya sebagian besar dari Anda yang menjadi penikmat musik Indonesia tidak asing lagi mendengar lagu yang satu ini. Berikut adalah lirik lagu Cemburu Menguras Hati dari Vidi Aldiano ;

Tiga hari kunanti

Jawabanmu oh kasih

Setiap saat ku harap

Ada keajaiban dalam dirimu

Indahnya masa lalu

Tergores amarahku

Cemburu menguras hati

Galau kini menyiksa diri

Reff :

Kembalilah kau kekasihku

Jangan putuskan kau tinggalkan aku

Sekalipun sering ku menyakitimu

Tapi hanya kaulah pengisi hatiku

Oo... Maafkan aku

Oo... Maafkan egoku

Oo... Maafkan diriku

Indahnya masa lalu

Tergores amarahku

Cemburu menguras hati

Galau kini menyiksa diri

Oo... (Maafkan aku)

Oo... Maafkaaaaaan egooooku

Oo... Maafkaaaan... diriku...

Lagu cemburu menguras hati yang sukses dibawakan oleh Vidi Aldiano ini menceritakan tentang kecemburuan seseorang yang mengakibatkan keretakkan hubungan dengan kekasihnya. Dari lirik lagu  tersebut, mungkin sebagian dari kita pernah juga merasakan bagaimana rasanya cemburu itu. Di bahasan artikel ini, mari kita bahas segala hal mengenai cemburu.

Cemburu menguras energi

Banyak orang beranggapan bahwa cemburu itu adalah bumbu dalam sebuah hubungan atau percintaan. Hal ini memang benar adanya dan hal tersebut juga dikatakan oleh seorang motivator terkenal Mario Teguh. Berikut adalah perkataan beliau mengenai cemburu;

Baca juga: Jangan pernah nyatakan cinta

Rasa cemburu adalah tanda, bahwa cintamu itu harus memiliki .

Rasa cemburu itu wajar, karena engkau menuntut untuk menjadi yang pertama dalam semua daftar kepentingan dalam hidup kekasihmu.

Jika ada yang mengancam kedudukanmu dalam cintanya, hatimu akan meradang dengan kesedihan, kemarahan, tuntutan, dan ancaman.

Tapi, jika engkau yakin dengan nilai dirimu, sesungguhnya dia-lah yang rugi jika menggantikanmu.

Marahlah, tapi tetaplah berlaku anggun.

Demikianlah gambaran perasaan cemburu yang telah dijabarkan oleh Mario Teguh tersebut. Cemburu memang bisa menjadi pelengkap suatu hubungan yang kita bina bersama. Cemburu merupakan gambaran perasaan yang ingin memiliki.

Cemburu memang sering datang walau tak pernah diundang. Perasaan ini tentunya akan begitu menyiksa hati dan diri bagi yang mengalaminya. Cemburu juga bisa mendatangkan penyakit dan bahkan bisa menuntun kepada hal kejahatan. Banyak kasus kejahatan atau kriminal terjadi karena didasari rasa cemburu. Namun, di sini perlu kita sadari rasa cemburu ini mungkin akan menurunkan potensi diri kita sendiri.

Dalam hal ini cemburu memang akan menjadi bumbu manis dalan sebuah hubungan, cemburu memang menjadi suatu tambahan yang bisa menambah nilai positif dalam sebuah hubungan. Namun, dalam hal ini cemburu tetap harus pada batas wajarnya. Cemburu akan menjadi bumbu pelengkap dalam hubungan jika masih dalam batas yang wajar, mempunyai alasan, dan tetap masuk akal.

Hal inilah yang menjadi dasar dari rasa cemburu bagi sebuah hubungan yang telah dibina. Jangan sampai, cemburu malah merusak hubungan seperti halnya lagu Vidi Aldiano Cemburu Menguras Hati.

Perasaan cemburu ini memang merupakan naluri dari setiap manusia yang pasti dimiliki. Namun, sebagian besar orang berpendapat bahwa pemiliki cemburu terbesar dimiliki oleh kaum perempuan. Namun, sebenarnya rasa cemburu ini dimiliki oleh pria maupun wanita. Walau begitu, rasa cemburu tetap identik dengan wanita.

Cemburu menguras hati memang sungguh menyedot energi yang kita punya, kenapa? Karena cemburu membuat hati merasa kesal, marah dan hal-hal yang buruk lainnya, bahkan sampai menggugat untuk memutuskan hubungan.

Baca juga: Menciptakan hasrat besar pada wanita

Tips Mengatasi Cemburu

Anda yang merupakan tipe orang yang mudah merasakan cemburu menguras hati, berikut adalah tips untuk mengatasi kecemburuan supaya tidak merusak hubungan Anda:

1. Jaga Jarak

Ketika dilanda cemburu, sebaiknya Anda menjaga jarak dengan pasangan. Kedatangan cemburu ini biasanya diikuti dengan adanya emosi yang tinggi, yang bisa saja malah memperburuk keadaan. Dengan jaga jarak, emosi yang tinggi sedikitnya akan berkurang. Dan Anda akan bisa lebih berpikir jernih.

2. Bicara

Setelah jaga jarak dan meredakan emosi diri sendiri, Anda bisa mengajak pasangan berbicara. Berbicaralah dengan lembut dan utarakan mengenai perasaan Anda tentang kecemburuan dan alasannya sehingga Anda dan pasangan bisa berembuk dan bisa mencari jalan keluar yang baik. Berbicara dengan baik, ini tentu tidak akan membuat perasaan cemburu menguras hati Anda.

3. Jangan Asal Menuduh

Hal seperti ini biasanya terjadi ketika cemburu datang dan tanpa mendasar. Rasa cemburu seperti ini bisa saja merusak hubungan Anda dan pasangan berakhir karena hal sepele yang sebenarnya bisa diselesaikan dengan baik. Cemburu buta ini memungkinkan Anda bertindak dengan emosi. Tentunya kita harus menghindari sifat dan sikap seperti.

4. Beri Contoh

Biasanya dengan sifat dan sikap yang ditunjukkan kepada pasangan, itu akan menjadi sebuah contoh yang baik bagi pasangan kita juga. Jika tidak ingin orang lain terlalu dekat dengan pasangan Anda, Anda juga harus menjaga jarak dengan orang lain, ini akan membantu Anda terbebas dari sifat cemburu yang menguras hati tersebut.

5. Hargai Diri Sendiri

Terkadang cemburu itu merupakan sifat yang lahir karena Anda kurang percaya diri. Tentunya ini menjadi hal mendasar yang terjadi pada diri sendiri. Percayalah bahwa pasangan telah memilih anda sebagai pilihannya, sehingga Anda tidak harus meragukannya lagi. Ingatlah, cemburu mengurangi potensi diri seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Baca juga: Pria perkasa dan terhebat untuk wanita

Tipe Cemburu

Cemburu memang bumbu cinta, walaupun cemburu menguras hati sekalipun. Ada tiga tipe cemburu yang bisa merusak hubungan di kehidupan Anda. Tiga tipe cemburu ini mewakili rasa cemburu yang dapat merusak pada segala macam hubungan. Berikut adalah tiga hal cemburu terebut:

1. Kecemburuan Cinta

Tipe pertama dari rasa cemburu ini sangat berkaitan dengan aspek kebencian. Kebencian ini tentunya akan diikuti dengan kemarahan dan juga rasa takut. Rasa takut ini merupakan rasa takut akan kehilangan seseorang yang kita sayangi, dalam hal ini adalah pasangan Anda.

Rasa takut kehilangan ini biasanya didasari dengan ketidakpercayaan kita terhadap cinta pasangan. Dari sini tentunya kita akan berpikir mengenai keyakinan terhadap pasangan. Dengan sifat cemburu justru rasa takut kehilangan ini malah akan membuat hubungan Anda berakhir.

2. Kecemburuan Pekerjaan

Tipe cemburu ini merupakan tipe cemburu dari diri sendiri yang sulit berkembang dan membuat ide atau gagasan kreatif yang ada pada dirinya. Tipe cemburu ini dekat sekali hubungannya dengan rasa iri hati dan dengki. Ini tentunya akan berbahaya pada hubungan kerja Anda dan rekan. Tidak hanya di lingkungan kerja, tipe cemburu ini bisa juga terjadi di lingkungan masyarakat atau bahkan pertemanan.

Tipe cemburu ini akan membuat anda berpikir bahwa kesuksesan selalu berpihak untuk orang lain, dan tidak untuk Anda. Ini akan menyebabkan Anda rendah hati dan merasa sial. Ada baiknya jika ikut berbahagia dengan kesuksesan orang lain dan juga memberikan apresiasi atas keberhasilan orang lain. Anggap saja kesuksesan orang lain juga bisa membawa dampak baik untuk Anda.

3. Kecemburuan Pribadi

Tipe cemburu ini merupakan gambaran dari rasa tidak puas terhadap diri sendiri. Merasa tidak memiliki kelebihan atau keunikan sendiri. Perasaan seperti ini tentunya akan membuat menjadi Anda lebih tidak percaya diri sehingga selalu menyalahkan diri sendiri terhadap apa yang terjadi dan tidak sesuai dengan harapan.

Hal ini haruslah kita buang, karena pada dasaranya setiap orang mempunyai kemampuan, keterampilan, kelebihan, dan lain sebagainya yang menjadikan diri kita berbeda dengan orang lain.

Demikianlah mengenai hal-hal cemburu. Rasa cemburu, seperti cemburu menguras hati ini sebenarnya tidak baik untuk kita. Maka dari itu sebaiknya bersikap bijaklah dalam menyikapi rasa cemburu pada diri, sehingga segala hal yang Anda miliki bisa lebih terkendali.