Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

14 manfaat Jus Buah yang perlu anda ketahui

Tulipedia.org -Buah Memang kaya manfaat. Begitu juga dengan jus buah. Manfaat jus buah sudah dirasakan oleh manusia sejak lama. Tak hanya untuk kesehatan, jus buah juga bermanfaat bagi kecantikan.

Manfaat jus buah

Manfaat jus buah

Secara umum, jus buah kaya akan vitamin C dan berbagai zat antioksidan. Berikut ini rincian dari manfaat jus buah tertentu secara spesifik.

  1. Bagi pria, jus tomat mempunyai khasiat menurunkan risiko kanker prostat. Hal ini karena jus tomat kaya akan antioksidan, terutama vitamin dan likopen. Tak hanya itu, jus tomat juga mampu menambah gairah rumah tangga.
  2. Jus delima kaya akan zat gula. Meskipun demikian, manfaatnya yang lain lebih besar daripada efek zat gula yang ada di dalam delima. Manfaat itu adalah  melindungi otak dari kanker dan tumor. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa konsumsi jus delima setiap hari juga bisa menurunkan kanker prostat kambuhan.
  3. Vitamin C yang berlimpah ada pada jus cranberry. Kandungan ini sangat baik bagi sistem kekebalan tubuh. Banyak bukti yang menunjukkan bahwa meminum jus cranberry bisa memperkecil risiko infeksi saluran kemih (urin).
  4. Jika Anda ingin mempunyai daya ingat yang hebat, sering-seringlah minum jus Blueberry. Menurut penelitian, konsumsi 2,5 gelas jus blueberry setiap hari selama 12 minggu bisa meningkatkan kemampuan belajar dan daya ingat otak.
  5. Acai berry terkenal dalam hal membakar lemak tubuh. Di Amerika, ekstrak acai berry ini sudah banyak dimanfaatkan dalam terapi diet. Para ahli mengemukakan bahwa antioksidan yang terdapat dalam acai berry ternyata lebih banyak dibandingkan antioksidan yang terdapat dalam cranberry, blackberry, stroberi, dan blueberry.
  6. Jus ceri juga mengandung banyak antioksidan. Manfaat yang banyak terasa dari jus ceri adalah anti-infeksi. Menurut penelitian, meminum jus ceri sebelum dan sesudah berolahraga bisa menurunkan risiko sakit otot dan cedera.
  7. Flavonoid, naringin, dan resveratrol di dalam anggur merah baik untuk tubuh. Terlebih, jika anggur merah ini dibuat jus. Hal ini karena pada saat anggur dibuat jus, kulit, daging, dan biji anggur akan terlarut secara sempurna. Manfaatnya tentu saja sebagai penguat sistem kekebalan tubuh dan juga pencegah tekanan darah tinggi yang membahayakan.
  8. Jus kismis baik untuk tubuh sebagai pencegah sembelit. Seratnya yang banyak akan memperlancar sistem pencernaan tubuh. Tak hanya seratnya, kandungan zat laksatif (pencahar) yang disebut sorbitol di dalam kismis akan selalu melancarkan buang air besar. Selain zat tersebut, jus kismis juga mengandung zat besi dan potassium.
  9. Jus jeruk memang favorit. Kandungan vitamin C-nya tidak diragukan lagi. Manfaatnya tentu saja adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengatasi masalah alergi, mencegah sarangan jantung, dan membantu penyerapan obat tertentu (bagi yang sedang dalam masa pengobatan). Vitamin D dan kalsium yang terkandung di dalam jeruknya juga baik bagi kesehatan tulang dan gigi.
  10. Jus apel mengandung banyak antioksidan dan serat alami. Manfaat jus apel di antaranya adalah mencegah makan berlebihan, menstabilkan tekanan darah dan kadar gula darah, serta melancarkan sistem pencernaan.
  11. Jus alpukat baik untuk kulit. Kandungan lemak tidak jenuhnya akan mengencangkan dan melembapkan kulit. Tak hanya itu, jus alpukat juga mencegah anemia dengan cara membantu pembentukan sel-sel darah merah.
  12. Jus kurma jarang dikonsumsi. Padahal, kandungan zat di dalam jus kurma baik untuk kesehatan. Misalnya saja sebagai minuman yang bisa menambah daya tahan tubuh, terutama saat tubuh sedang sakit.
  13. Jus mangga mempunyai manfaat unik. Manfaat itu adalah mencegah bau badan. Hal ini karena jus mangga mampu mengusir kuman-kuman penyebab bau badan. Selain itu, jus mangga juga mampu membersihkan darah dari berbagai kotoran dan racun yang masuk ke dalam tubuh.
  14. Jus jambu kadar vitamin C nya lebih besar daripada jus jeruk. Itu sebabnya, jus jambu baik dalam mengusir sariawan, menurunkan kolesterol, dan baik untuk kesehatan tulang dan gigi.

Setelah mengetahui kandungannya, saatnya Anda mulai mengonsumsi jus untuk kesehatan. Selamat mencoba!