Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Film Terbaik Sepanjang Masa

Tulipedia.org - Berikut ini merupakan 10 film yang dinobatkan sebagai film terbaik sepanjang masa kategori film drama versi situs imdb.com.

1. The Godfather

Film paling fenomenal sepanjang zaman ini mendapatkan 10 nominasi dan memenangkan 3 kategori untuk Best Picture, Best Actor, dan Best Adapted Screenplay. Diperkirakan, film ini berhasil menembus box office dengan pendapatan US$134 milyar. Film ini ber-setting di era akhir tahun 1940-an hingga 1950-an di mana tokoh Don Vito Corleone (diperankan Marlo Brando) merupakan pemimpin mafia Italia.

Dalam film ini, kita bisa melihat kehidupan keluarga mafia yang loyal terhadap Sang Don serta perdagangan obat-obatan, pengkhianatan, sampai pembunuhan, termasuk rencana pembunuhan Corleone sendiri di tahun 1945 setelah ia menolak menyerahkan bisnis obat-obatannya pada pihak musuh.

The Godfather

2. The Shawshank Redemption

Hasil kerja keras Frank Darabont yang telah menulis naskah dan menyutradarai film ini tidak sia-sia. The Shawshank Redemption merupakan adaptasi novel panjang milik Stephen King, yaitu Rita Hayworth dan Shawshank Redemption (1982).

Film inspirasional ini dan khas klasik ini ala Hollywood ini menampilkan sisi dramatis yang dalam berkat seorang sinematografer andal Roger Deakins dan iringan musik dari Thomas Newman yang mengiringi dari adegan satu ke yang lainnya. Ditambah lagi, dengan suasana muram dari Penjara Shawshank.

3. The Godfather II

Kisah kehidupan keluarga Corleone berlanjut lagi yang kali ini menampilkan generasi ketiga dari keluarga mafia tersebut. Untuk naskah, kembali ditangani oleh Francis Ford Coppola dan Mario Puzo, yang terkenal sebagai penulis bertema organisasi kriminal Amerika. Para kritikus mengatakan bahwa the Godfather II jauh lebih mengesankan ketimbang film pertama meskipun meninggalkan pertanyaan di belakangnya. Tokoh Don Corleone muncul ketika masih muda (diperankan Robert DeNiro).

Kita dihadapkan dengan dialog berbahasa Sisilia dan subtitle berbahasa Inggris sekitar seperempat jam sejak film dimulai untuk menampilkan aroma Italia yang kuat. Bagian utama dari film ini meneruskan dari film pertama, di mana tokoh utamanya berpindah ke Michael Corleone yang diperankan aktor Al Pacino. Alur membawa cerita perjalanan hidup Michael yang juga penuh dengan lika-liku kriminal.

4. Pulp Fiction

Kemampuan akting antara John Travolta dan Samuel L. Jackson diadu dalam Pulp Fiction. Film komedi ini sarat dengan kehidupan dunia kriminalitas yang keras. Tokoh-tokohnya pun penjahat berkelas. Travolta dan Jackson memerankan pembunuh bayaran untuk seorang penjahat kelas kakap. Sementara itu, Bruce Willis memerankan seorang petinju yang dibayar oleh bos kedua orang tadi.

Selebriti Hollywood yang turut memamerkan aktingnya antara lain Uma Thurman, Amanda Plummer, dan Rosanna Arquette. Sementara itu, kursi sutradara yang juga sebagai penulis naskah ditempati oleh Quentin Tarantino.

Film urutan ke-5 hingga 10 adalah 12 Angry Men (1957), Schindler's List (1993), One Flew Over the Cuckoo's Nest (1975), Seven Samurai (1954), The Dark Knight (2008), dan Casablanca (1942).

Baca juga: Berbagai Jenis Film yang Patut Ditonton