Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pemanfaatan Sumber Daya Alam Di Lingkungan Sekitar

A. PENGERTIAN SUMBER DAYA ALAM

Tahukah kamu manfaat air?

Air termasuk sumber daya alam.

Sumber Daya Alam

Bahan tersebut dapat berupa benda hidup maupun benda mati yang berada di bumi, yang dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.sumber daya alam itu bisa habis diolah manusia.Oleh karena itu kita harus berhati-hati memanfaatkan sumber daya alam yang ada di sekitar kita. Sumber daya alam memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia. Manusia tidak akan bisa hidup tanpa adanya sumber daya alam. Manfaat sumber daya alam antara lain, sebagai penghasil energi, sebagai bahan makanan, sumber mata pencaharian dan pendapatan, sumber energi pembangkit listrik, dan sebagainya.

B. JENIS – JENIS SUMBER DAYA ALAM

1. Air (sungai, bendungan, waduk, laut, dan lain-lain)

Air merupakan sumber daya alam yang sangat penting keberadaannya bagi makhluk hidup. Air juga bisa digunakan sebagai sumber energi alternatif seperti pembangkit listrik. Hampir seluruh makhluk hidup di bumi memerlukan air untuk kehidupannya.

2. Sinar matahari

Sinar matahari memiliki energi yang bisa digunakan dengan batas tidak terhingga. Sebagian manusia menjadikan matahari sebagai sumber energi untuk memenuhi kebutuhan listrik rumah tangga karena sangat ramah lingkungan.

3. Angin atau udara

Angin merupakan benda mati yang keberadaanya selalu berada di sekitar manusia. Angin mempunyai banyak manfaat. Selain untuk penggerak kincir angin yang nantinya sebagai sumber listrik, juga bermanfaat untuk membantu proses perkembangbiakan tumbuhan tertentu.

4. Gas bumi

Sumber daya alam ini digunakan untuk pembangkit listrik. Berbeda dengan batu bara dan bensin gas bumi lebih bersih dan ramah lingkungan.

5. Tanah

Tanah juga merupakan sumber daya alam. Tanah merupakan sesuatu yang sangat penting bagi manusia dan juga makhluk hidup lain yang ada di bumi. Selain sebagai tempat berpijak, tanah juga sangat berguna sebagai media untuk menanam tumbuh-tumbuhan.

6. Ombak atau gelombang laut

Ombak adalah aliran air laut yang dipengaruhi tiupan angin dan perbedaan tekanan air laut. Ombak termasuk sumber daya alam yang dapat diperbarui . Keberadaannya sangat bermanfaat bagi manusia terutama nelayan. Ombak memiliki kuantitas yang tidak terhingga. Ada pula manusia yang menggunakannya sebagai sumber listrik mercusuar tebing.

7. Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui

Sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang dapat tersedia kembali dalam waktu yang cepat, dan tidak terbatas. Contohnya, berbagai jenis tumbuhan dan hewan memperbarui dirinya dengan cara melakukan reproduksi. Walau dapat diperbarui, sumber daya alam ini bisa cepat habis dan punah bila pemanfaatannya tidak terkendali. Banyak tumbuhan dan hewan yang punah atau terancam punah karena ulah manusiayang merusak habitatnya. Selain itu air dan udara juga termasuk sumber daya alam yang dapat diperbarui. Lalu, bagaimanakah sumber daya ini memperbarui dirinya? Udara dan air memperbarui dirinya dengan cara siklus atau daur ulang. Air dan udara tidak dapat punah, tetapi menurun kualitasnya akibat aktivitas manusia.
Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui

8. Sumber daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang pembentukannya berlangsung sangat lama dalam waktu ribuan, bahkan jutaan tahun. Itu sebabnya jumlahnya akan berkurang karena selalu diambil dan pada saatnya nanti akan habis. Contohnya, minyak bumi, batubara, dan bahan tambang lainnya.

9. Sumber Daya Alam Hayati ( Biotik)

Sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup. Contoh dari sumber daya alam biotik antara lain:
  • Tumbuhan. Tumbuhan dikataan sebagai sumber daya alam karena keberadaanya menebar manfaat bagi siapa saja. Tidak hanya bagi manusia, namun juga bagi hewan dan makhluk lainnya. Bagi manusia, tumbuhan selain memiliki fungsi sebagai sumber makanan juga dapat digunakan untuk menunjang kehidupan sehari-hari. Tumbuhan juga sebagai sumber atau penghasil oksigen.
  • Hewan. Hewan merupakan sumber daya alam karena keberadaanya sangat bermanfaat bagi makhluk hidup lainnya. Tidak hanya manusia saja, namun hewan juga bermanfaat bagi tumbuhan dan makhluk hidup lainnya, seperti mikroba atau bakteri.
hewan

10. Sumber Daya Alam Abiotik

Sumber daya alam abiotik adalah sumber daya alam yang berasal dari benda yang tidak hidup. Jenis dan jumlahnya banyak sekali di lingkungan sekitar kita. Meskipun berupa benda mati keberadaannya sangatlah penting. Sumber daya alam abiotik tidak dapat memperbarui diri sendiri, maka penggunaannya harus berhati-hati dan hemat. Contohnya, batu tambang, tanah, air, angin, dan lain-lain.





Tahukah kamu mata pencaharian penduduk di daerah pantai?

Nah, untuk mengetahui jawabannya bacalah teks berikut!

Pantai

Pantai


Pantai adalah daerah yang berbatasan langsung dengan laut. Pantai ada yang landai dan ada pula yang terjal. Pantai yang landai biasanya digunakan untuk objek wisata. Misalnya Pantai Parangtritis Yogyakarta, Pantai Kuta Bali, dan Pantai Kartini Jepara. Mata pencaharian penduduk di sekitar pantai adalah sebagai nelayan.

Dataran rendah

dataran rendah

Dataran adalah permukaan bumi yang datar dengan ketinggian kurang dari 200 meter dari atas permukaan laut. Pada umumnya dataran rendah berada di sekitar pesisir pantai. Dataran rendah banyak digunakan untuk berbagai keperluan, di antaranya pertanian, peternakan, perumahan, dan industri serta beberapa jenis kegiatan perkebunan seperti perkebunan kelapa dan tebu.

Dataran tinggi
Dataran tinggi

Dataran tinggi adalah permukaan bumi yang ketinggiannya 500 meter di atas permukaan laut. Dataran tinggi biasanya dimanfaatkan untuk peristirahatan, objek wisata, dan usaha perkebunan. Misalnya Dataran Tinggi Dieng.

Penulis
Oleh: Riyanto, S.Pd.SD