Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lidah indra pengecap

Lidah indra pengecap - Pernahkah anda bayangkan jika kita tidak memiliki lidah? Pastilah kita tidak akan bisa berbicara dengan jelas dan apapun yang kita makan pasti hambar tanpa rasa. Lidah merupakan nikmat dari Tuhan yang tak ternilai harganya. Jagalah lidah sebelum itu diambil yang Maha Kuasa.

Fungsi lidah adalah merupakan indra pengecap, sebagai alat pembantu pencernaan mekanik serta alat pengucap kata.

Coba perhatikan gambar lidah di atas, permukaan lidah memiliki bintil-bintil yang disebut papila. Dalam ujung lidah terdapat syaraf yang berfungsi sebagai rasa manis, bagian belakang lidah berfungsi sebagai perasa pahit, sisi kanan dan kiri bagian depan untuk rasa asin, dan sisi kanan kiri tengah untuk rasa asam atau kecut.

Gangguan pada lidah

Gangguan pada lidah antara lain adalah glosistis, yaitu gangguan lidah yang disebabkan peradangan akibat gangguan pencernaan dan infeksi gigi dan sariawan.

Tips merawat lidah
Cara merawat lidah antara lain dengan menghindari makanan yang terlalu panas dan terlalu dingin agar permukaan lidah tidak mengalami kerusakan, jangan terlalu banyak makanan yang terlalu asing, dan jangan berbicara pada saat makan agar lidah tidak tergigit.

Baca juga:

Demikian sedikit informasi mengenai Lidah indra pengecap, semoga informasi singkat ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari artikel mengenai lidah. Semoga lidah kita selalu terjaga dan dapat difungsikan dengan semestinya.
Supriyadi Pro Admin (Supriyadi Pro) adalah pemilik. content writer, editor, dan sekaligus ceo-admin di Sejarah-negara.com. Memiliki minat besar pada dunia teknologi & sains, seni budaya, social media, dan blogging.Silahkan hubungi saya lewat laman yang telah disediakan.