Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pesi Keris atau tangkai keris

Untuk mengenal keris dari dekat, maka perlulah menelitinya dengan seksama. Bilahan keris dicabut dari sarungnya, kemudian dilepaskan pula mendak dan selutnya sehingga belahan keris menjadi telanjang bulat.


Dalam keadaan telanjang bulat, kita leluasa dalam mengamati bagian-bagian keris tersebut. Kita akan meneliti dari bagian bawah, ialah bagian yang semula tertanam di dalam tangkai keris atau ukiran.












Pesi keris
Pesi keris

Berbentuk bulat dengan garis tengah 5 mili atau setengah sentimeter tepat di pangkal keris dan meruncing bagaikan rebung bambu sepanjang 7 cm.



Bagian itu bernama Pesi, dibuat dari bahan yang sama dengan bilahan keris. Pesi juga terlihat berpamor, karena dibentuknya dari bagian bilahan itu juga. Hanya pesi tidak mempunyai ricikan (perlengkapan) apa-apa. Kegunaan pesi untuk tempat ukiran (tangkai) keris.
Supriyadi Pro Admin (Supriyadi Pro) adalah pemilik. content writer, editor, dan sekaligus ceo-admin di Sejarah-negara.com. Memiliki minat besar pada dunia teknologi & sains, seni budaya, social media, dan blogging.Silahkan hubungi saya lewat laman yang telah disediakan.