Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Habitat dan daur hidup Hepaticiae

Habitat dan daur hidup Hepaticiae. Setelah kita mempelajari klasifikasi Bryophyta, selanjutnya enjangcom akan memberikan info tentang Habitat dan daur hidup Hepaticiae. Untuk mempelajari kehidupan kelompok lumut ini, diambil contoh lumut yang termasuk Hepaticiae, yaitu :

Riccia
Habitat Riccia
Lumut ini kebanyakan hidup di darat di tempat-tempat yang lembab, misalnya pada batu, kayu, di atas tanah, dan di hutan. Beberapa jenisnya hidup di air, yaitu di kolam-kolam atau di lumpur.

Siklus hidup Riccia
1. Gametofitnya kecil pipih berwarna hijau, menyerap air dan mineral dari tanah, dan menyerap CO2 dari udara. Sel-selnya mengandung klorofil dan dapat berfotosintesis. Inti selnya semua haploid (mengandung n set kromosom).

2. Gametangia (anteridium dan arkegonium) dibentuk di permukaan atas dari gametofitnya, dan dibungkus oleh sarung pelindung yang berfungsi untuk melindungi perkembangan sel telur dan sperm@tozoa.

3. Setiap anteridium menghasilkan berjuta-juta sperm@tozoid dan setiap arkegonium membentuk sebuah sel telur di dalam venter arkegonium.

4. Sel telur dan sperm@tozoa mengandung n set kromosom.

5. Apabila keadaan lingkungan cukup air, sperm@tozoa yang telah matang keluar dari anteridia, sedangkan arkegonium yang telah matang, bagian lehernya terbuka. Dengan perantaraan air sperm@tozoa berenang masuk melalui leher dan bersatu dengan sel telur di dalam venter.

6. Setiap sel telur dibuahi oleh satu sperm@tozoa dan menghasilkan zigot yang diploid (mengandung 2n set kromosom).

7. Zigot membelah secara mitosis membentuk sporofit muda yang berbentuk bulat dan di dalamnya mengandung sel-sel fertil.

8. Sel sporofit muda kemudian mengalami deferensiasi menjadi sporangium (kotak spora) dan sel-sel yang fertil menjadi sel induk spora. Sporofit ini merupakan sporofit dewasa.

9. Sel induk spora yang diploid mengalami meiosis membentuk spora yang haploid.

10. Menjelang kematian dan hancurnya gametofit, spora dibebaskan dari sporangium dan kemudian akan tumbuh menjadi gametofit baru.

11. Secara skematis daur hidup Hepaticae seperti gambar di bawah ini :

image: daur hidup Hepaticae

Begitulah informasi tentang Habitat dan daur hidup Hepaticiae
Supriyadi Pro Admin (Supriyadi Pro) adalah pemilik. content writer, editor, dan sekaligus ceo-admin di Sejarah-negara.com. Memiliki minat besar pada dunia teknologi & sains, seni budaya, social media, dan blogging.Silahkan hubungi saya lewat laman yang telah disediakan.