Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Siapakah Bagong?

Siapakah Bagong. Bagong mengandung arti kata belakang. Menurut arti sesungguhnya Bagong adalah potongan rambut dibelakang yang juga disebut gombak.

Jika potongan rambut yang disisakan di depan namanya kuncung, dan jika disisakan di tengah disebut kucir, bila disisakan di samping dinamakan petek, namun bila dicukur habis namanya gundul.

Bagong terjadi dari bayangan di belakang Semar yang disabda oleh Sanghyang Ismaya menjadi manusia untuk menemani Semar di dalam menjalankan tugasnya menjadi pamong bagi trah keturunan Witaradya.

Peristiwa nya terjadi ketika Semar baru saja mendapatkan jodoh Dewi Kanastri atau sering disebut Kanastren, putri Sanghyang Hira, keturunan Batara Caturkanwaka.

Dalam pedalangan Jawa ada yang menamakan Bagong dengan sebutan Bawor, Carub atau Astrajingga. rangnya berlagak kekanak-kanakan tetapi bicaranya selalu tepat.

Istri Bagong bernama Dewi Baganawati, putri Prabu Balya raja gandarwa dari kerajaan Pucangsewu. Bentuk wanda Bagong : Blungkung, Gembor, Gilut.
Supriyadi Pro Admin (Supriyadi Pro) adalah pemilik. content writer, editor, dan sekaligus ceo-admin di Sejarah-negara.com. Memiliki minat besar pada dunia teknologi & sains, seni budaya, social media, dan blogging.Silahkan hubungi saya lewat laman yang telah disediakan.