Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Homolog dan analog pada makhluk hidup

Homolog dan analog pada makhluk hidup. Berbagai makhluk hidup yang kelihatannya sangat berbeda ternyata masih menunjukkan banyak unsur persamaan. Apabila setiap jenis hewan diciptakan secara terpisah, maka tidak ada satu unsur pun yang menunjukkan adanya suatu persamaan.

Perbandingan anatomi dari beberapa makhluk hidup menunjukkan adanya hubungan perkerabatan di antara makhluk hidup yang bersangkutan. Dengan manusia, anggota depan kucing, anggota depan kuda, anggota depan singa laut, dan sayap kelelawar (kalong) mempunyai struktur tulang esensial yang sama.

Oleh karena arah evolusi dari makhluk-makhluk tersebut (manusia, kucing, kuda, singa laut, dan kelelawar) berbeda maka terjadilah perubahan-perubahan adaptif yang berbeda pula, sehingga fungsi organ-organ itu menjadi berbeda.

Beberapa organ yang memiliki bentuk asal yang sama, tetapi berbeda fungsinya disebut homolog. Organ-organ yang mempunyai fungsi sama tetapi tidak mempunyai bentuk asal yang sama disebut analog. Seperti antara macam-macam sayap serangga dengan sayap burung.


Adanya homologi organ-oragan tubuh makhluk hidup dapat dipergunakan sebagai petunjuk adanya evolusi.
Supriyadi Pro Admin (Supriyadi Pro) adalah pemilik. content writer, editor, dan sekaligus ceo-admin di Sejarah-negara.com. Memiliki minat besar pada dunia teknologi & sains, seni budaya, social media, dan blogging.Silahkan hubungi saya lewat laman yang telah disediakan.