Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jaringan saraf pada hewan

Jaringan saraf pada hewan berfungsi menghantarkan rangsang dari bagian yang satu ke bagian tubuh yang lainnya. Jaringan saraf terdiri atas neuron. Setiap neuron terdiri atas badan sel saraf yang mengandung inti persambungan (disebut dendrit bila pendek dan neurit/akson bila panjang).

Otak dan tali punggung vertebrata terutama terdiri atas jaringan saraf. Di dalam tubuh hewan, terdapat beberapa macam jaringan bersama-sama membangun organ atau alat tubuh, misalnya lambung. Organ ini terbentuk dari jaringan-jaringan antara lain jaringan otot polos, jaringan ikat, jaringan epitelium yang bersama-sama melakukan suatu kesatuan fungsi, yaitu sebagai alat pencernaan makanan.

Gambar Jaringan saraf pada hewan

jaringan saraf dan badan sel saraf
Contoh lainnya adalah jantung yang dibentuk oleh jaringan-jaringan otot jantung, jaringan epitelium, jaringan ikat dan jaringan darah yang bersama-sama melakukan suatu kesatuan fungsi sebagai pemompa darah.

Baca: 3 jaringan otot pada hewan
Supriyadi Pro Admin (Supriyadi Pro) adalah pemilik. content writer, editor, dan sekaligus ceo-admin di Sejarah-negara.com. Memiliki minat besar pada dunia teknologi & sains, seni budaya, social media, dan blogging.Silahkan hubungi saya lewat laman yang telah disediakan.