Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 jaringan otot pada hewan

3 jaringan otot pada hewan. Jaringan ini terdiri atas sel-sel otot yang biasanya berbentuk langsing memanjang, mengandung serabut-serabut halus yang disebut miofibril. Ada tiga macam jaringan otot pada hewan, infonya sebagai berikut:
1. Jaringan otot lurik atau otot serat lintang
Tersusun atas sel-sel berbentuk silindris dan biasanya mempunyai banyak inti. Pada vertebrata, kelompok-kelompok sel otot diikat bersama oleh selubung jaringan pengikat membentuk otot yang mempunyai bermacam-macam bentuk.

Kontraksi dari otot lurik menimbulkan gerak pindah dan terjadinya macam-macam gerak tubuh yang lain. Otot-otot lurik biasanya terikat pada rangka sehingga disebut otot rangka. Otot ini bekerja di bawah kesadaran atau bekerja atas kemauan. 

2. Otot polos atau otot halus
Tersusun atas sel-sel yang berbentuk kumparan halus dengan satu inti yang terletak di tengah. Jaringan otot polos ini terdapat pada dinding saluran pencernaan dan pembuluh darah.

Kontraksi otot-otot ini menyebabkan penyempitan ukuran organ-organ tubuh yang dibentuknya. Otot polos ini bekerja di luar kesadaran atau bekerja tidak menurut kemauan.

3. Jaringan otot jantung atau otot kardiak 
Jaringan otot ini mempunyai struktur yang sama dengan otot lurik, tetapi serabut-serabutnya bercabang-cabang dan saling beranyaman. Otot jantung bekerja di luar kesadaran atau bekerja tidak menurut kemauan.
Supriyadi Pro Admin (Supriyadi Pro) adalah pemilik. content writer, editor, dan sekaligus ceo-admin di Sejarah-negara.com. Memiliki minat besar pada dunia teknologi & sains, seni budaya, social media, dan blogging.Silahkan hubungi saya lewat laman yang telah disediakan.