Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian istilah dan contoh istilah

Sudah terlalu sering kita mendengar dan menggunakan kata istilah. Tiap bidang ilmu memiliki istilah-istilah khusus. Biologi memiliki berbagai istilah yang secara khusus hanya kita temukan pada bidang ilmu itu. Matematika memiliki istilah-istilah khusus untuknya dan begitu juga pertanian. Bidang-bidang kehidupan atau kemasyarakatan pun memiliki istilah-istilah khusus.

Bidang peradioan, pertelevisian, perfilman, kelautan, kedirgantaraan dan sebagainya. Lihat contoh-contoh istilah di artikel Istilah radio dan televisi

Apa sebenarnya yang dimaksud istilah? Buku Pedoman Umum Pembentukan Istilah memberikan definisi istilah adalah sebagai berikut : "Istilah ialah kata atau gabungan kata yang dengan cermat mengungkapkan makna konsep, proses, keadaan, atau sifat khas dalam bidang tertentu".

Dari definisi di atas kita mendapatkan penjelasan bahwa istilah dapat berupa kata atau gabungan kata. Yang berupa kata misalnya: fonem, morfem, daya, suhu, partikel, radiasi, inflasi, larutan, himpunan, dll. Yang berupa gabungan kata misalnya : hak pilih, hak milik, daya kuda, tenaga listrik, pintu air, tiang pancang, rumah pompa, kerja sama, anggaran berimbang, mata anggaran dsb.

Untuk mencari makna ungkapan kita dapat menggunakan kamus ungkapan. Untuk mencari makna suatu istilah kita juga dapat menggunakan kamus. Bukan kamus umum, melainkan kamus istilah. Di perpustakaan sekolah kiranya anda dapat menemukan kamus istilah semacam itu. Ada kamus istilah ekonomi, kimia, kedokteran politik dan sebagainya.

1. Contoh istilah biologi : abiotik, amputasi, anatomi, antioksidan, asimilasi, aorta, benangsari, ekosistem, embrio, empat sehat lima sempurna, genetika, hermaprodit, insekta, komplikasi, kornea mata, penyerbukan silang, sporadis, transplantasi, umbi batang, vaksin.

2. Contoh istilah matematika : akar, aritmatika, bidang datar, diagram, grafik, faktor, harga, hasil kali, implikasi, integral, interval, koordinat, media, perbandingan seharga, persamaan, pertidaksamaan, satuan, segi empat, sinus, variabel.

3. Contoh istilah pertanian : gabah kering, hama wereng, huma, irigasi, lele dumbo, lumbung desa, masa panen, masa tanam, motorisasi perahu nelayan, mengolah sawah, petani penggarap, pasca panen, pupuk kandang, puso, pupuk hijau, sawah tadah hujan, tambak, tanah garapan, waduk, warung hidup.

Artikel terkait lainya : Istilah JNE Terbaru

Demikian informasi online yang dapat kami sampaikan mengenai Pengertian istilah dan contoh istilah, semoga memberikan tambahan pengetahuan.
Supriyadi Pro Admin (Supriyadi Pro) adalah pemilik. content writer, editor, dan sekaligus ceo-admin di Sejarah-negara.com. Memiliki minat besar pada dunia teknologi & sains, seni budaya, social media, dan blogging.Silahkan hubungi saya lewat laman yang telah disediakan.