Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara translate huruf latin kehuruf Jawa

Cara translate huruf latin ke huruf Jawa. Beberapa hari yang lalu saya telah memberikan link download sofware untuk translate bahasa Jawa yang bernama Carakan. Sofware tersebut sangat kecil dan mudah digunakan. Bagi anda yang masih bingung bagaimana cara mentranslatenya, kali ini saya akan memberikan tutorialnya.


Selain untuk mentranslate huruf Latin ke huruf Jawa, sofware tersebut bisa disimpan dalam format HTML. Sehingga anda dapat menuliskan bahasa Jawa pada blog/web yang anda punya.


Lalu bagaimana cara menggunakan Carakan pada komputer anda? Ikuti tutorial berikut:


1. Bagi anda yang sudah mempunyai sofware carakan, buka yang sudah anda instal di komputer anda, bagi yang belum mempunyai silahkan download sofwarenya yang banyak bertebaran di internet.


2. Setelah sofware terbuka, lihat icon huruf (a) bagian kiri atas di bawah menu File pada sofware tersebut, lalu klik 1x maka akan terbuka 2 kotak yaitu, bagian atas untuk menuliskan huruf/ kalimat latin, sedangkan bagian bawah untuk melihat hasil translate huruf/kalimat anda.


3. Tuliskan huruf/kalimat yang anda inginkan, lalu untuk mentranslatenya klik icon anak panah memutar setengah lingkaran.


4. Lihat hasilnya.


CATATAN: Karena aksara Jawa tidak mengenal huruf kapital maka untuk penulisannya anda jangan menggunakan huruf besar walaupun di awal kalimat, karena nanti akan mempengaruhi hasil translatenya.

Supriyadi Pro Admin (Supriyadi Pro) adalah pemilik. content writer, editor, dan sekaligus ceo-admin di Sejarah-negara.com. Memiliki minat besar pada dunia teknologi & sains, seni budaya, social media, dan blogging.Silahkan hubungi saya lewat laman yang telah disediakan.